Terminologi Senar Gitar

Posted on Updated on

guitar_string

Sedikit tentang senar gitar :

  • Phosphor Bronze : Komposisinya 92% Copper dan 8% Tin. Sedikit Tin ini ditambahkan dengan maksud untuk menambah sustain dan menahan tone lebih lama daripada senar yang terbuat dari bronze atau brass.
  • Nickel Wound : Lilitan senarnya sebenarnya terdiri dari campuran besi dan campuran lapisan nickel sebesar 8%. Campuran ini memberikan kontribusi magnetic yang optimal yang dibutuhkan oleh magnetic pickups. Lapisan nickelnya juga membuat senar jadi punya ketahanan terhadap antioksidan dan karat, serta membuatnya [untuk ukuran logam] lembut dan licin yang bisa meminimalkan keausan fret.
  • Stainless Steel : Sebuah campuran antara chromium dan nickel yang mempunya daya tahan yang tinggi terhadap karat serta memberi kontribusi magnetic yang besar. Karakter suaranya amat bright [treble, dengan banyak pressence]. Tapi, stainless steel itu logam campuran yang keras, sehingga dapat membuat fret cepat aus.
  • Round Wound : Yang berarti inti senar mempunyai dibungkus oleh lilitan yang mempunyai permukaan bulat. Inti senar hampir selalu terbuat dari campuran besi dan high carbon. Saat ini hampir semua merek menggunakan tipe round wound.
  • Flat Wound : Umumnya digunakan pada fretless bass [dan fretless gitar juga]. Yang ini adalah inti senar dibungkus olah lilitan yang mempunyai permukaan rata [flat]. Permukaan yang licin ini masih dapat pula ditingkatkan lagi dengan polishing.
  • Ball-end : Hampir semua senar gitar mempunyai ball-end yang berarti mereka dilengkapi dengan sebuah cincin kecil di ujung senar untuk fasilitas kemudahan instalasi.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s