Sedikit Paradigma

Posted on Updated on

knowledge paradigmSejak mulai mengajar, pengalaman itu telah memberikan kesempatan untuk bertemu banyak guru, musisi, dan terutama gitaris yang beberapa diantaranya berada dalam kebuntuan yang sama dalam permainan musik mereka. Kita semua punya pengalaman bermain, kita juga minimal punya sedikit pengetahuan tentang blues/rock tradisional, kita juga punya teknik – teknik dasar, tapi sebagian dari kita mungkin merasa masih/tetap/malah frustasi.

Rasa frustasi itu mungkin secara simpel bisa diketahui dari pembicaraan sehari – hari, seperti “Sialan deh, seharusnya ada banyak hal laen yang bisa dipelajari, gak cuman ini – ini aja.” atau “Gimana sih cara maen yang bener?” atau “Kok rasanya gw jago pas manggung tapi gw sebenernya gak terlalu tau apa yang gw maenin” atau “To, aye kok gini2 aje nih, gimana dong To?” [buat temen2 yang sering banget ngomong gitu, sori yeh, no offence, kan kita udah sering saling sharing bareng, dan ini mo di share ke semua temen2 disini ;)]

Beberapa dari kita mungkin merasa sudah selalu melatih suatu bentuk metode umum berulang – ulang, memainkannya dengan semakin cepat dan bersih, tapi pada akhirnya tidak lagi menemukan sesuatu yang baru atau sesuatu yang menarik untuk dimainkan. Mungkin apa yang akan kita bahas disini akan sedikit menggelitik dan merangsang kreativitas kita. Disini kita akan berbagi wilayah – wilayah musikal baru untuk dikunjungi, sedikit aspek – aspek penting dari teori dan teknik dan sejauh mana kita dapat menerapkannya dalam gaya permainan kita masing – masing.

Sebelum dimulai, ada baiknya ketika kita mendapat suatu ide atau yang semacamnya agar segera menjadikannya sebagai titik awal eksplorasi dan mencobanya dengan berbagai macam variasi sebanyak mungkin pada kunci , skala, dan pola rhytm yang berbeda – beda, dan buatlah ide itu berguna dan menjadi bagian dari permainan kita masing – masing.

Previous | Next

One thought on “Sedikit Paradigma

    dangstars said:
    Juli 9, 2009 pukul 12:47 pm

    ok setuju dengan tulisannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s