Transcribing bagian 3

Posted on Updated on

gitarMemelankan tempo suatu lagu bisa jadi langkah yang bagus untuk menambah fokus kita dalam mengidentifikasikan suatu atau sekumpulan not – not tertentu. Beberapa alat sampler dapat melakukan hal ini dengan prinsip time-stretching jadi pitchnya tetap konstan di speed berapapun. [Akai cukup populer dalam produk samplernya]. Kalau menggunakan computer, bisa memakai program dari Amazing Slow-Downer yang cukup wajar dan tidak terlalu mahal, dengan fitur sampler yang sama dan tambahan fungsi karaoke, yang menggunakan phase cancellation untuk menghilangkan bagian tertentu dalam system suara stereo. Ini artinya kita dapat membuat bagian gitar terdengar lebih jelas daripada bagian – bagian non gitar dalam keseluruhan mix lagu. Terdengar lebih mudah dan lebih baik, walaupun seandainya kita hanya memakai system hi-fi yang sederhana sekalipun, kita masih bisa memaksimalkan sinyal yang kita inginkan dengan experiment pada bagian EQ dan pan [balance] control.

Walaupun tadi disebutkan kalau memelankan tempo adalah hal yang sangat penting dan essensial dalam proses ngulik dan transcribing, tapi hal ini tidak lantas jadi solusi bagi semua masalah dalam transcribing. Ketika kita telah berhasil mengidentifikasi beberapa not, kita masih harus menentukan di bagian fretboard sebelah mana not – not itu dimainkan. Berbeda dengan piano, pada gitar beberapa pitch dapat dimainkan di tempat – tempat yang berbeda dalam fretboard. Kita harus mencoba memainkan tiap licks di tempat yang berbeda [dengan group senar yang berbeda pula] untuk mencapai tone yang sama dalam mix lagu, dan seringkali hal ini akan lebih mudah terdengar dengan memperhatikan lagu dalam tempo originalnya, tidak dipelankan.

Contoh termudahnya, kita bisa mencoba memainkan senar pertama open string E, lalu senar ke 2 fret ke 5, lalu senar ke 3 fret ke 9, lalu senar ke 4 fret ke 14, lalu senar ke 5 fret ke 19 dan terakhir senar ke 6 fret ke 24 [kalau difretboard gitarnya ada]. Semuanya not yang sama dengan pitch yang sama pula, tapi dengan tone yang semakin gemuk [fat]. Dengan latihan, kita bisa segera tahu senar mana yang dipakai untuk membunyikan suatu not. Kadang – kadang ketika experiment dalam mencari beberapa posisi, yang termudah buat kita itu seringkali itu adalah posisi yang benar.

Previous | Next

2 thoughts on “Transcribing bagian 3

    gatot m said:
    November 22, 2010 pukul 11:02 am

    trims info. bisa menambah wawasan bermusik lebih baik setidaknya bisa mengakualisasikan musik kedalam notasi menjadi lebih mudah. Amazing slower downer yg sy download dan emncoba dengan sebuah lagu kenapa terputus-putus ya?

      ditomusicman said:
      November 28, 2010 pukul 11:56 pm

      Tengkyu Mr gatot m,

      Soal Amazing Slow-Downer, coba bagian Slow Down Type nya dikurang sampe ke level terendah, atau atur audio settingnya lewat Options > Preferences > Audio. Ini tergantung spesifikasi dan kondisi komputernya sih. Selamat mencoba😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s