Pemanasan dan Peregangan bagian 1

Posted on Updated on

tendonitis
Tendonitis Pada Lengan

Dari waktu ke waktu di beberapa kesempatan, ada beberapa teman – teman yang datang dan mengatakan kalau dia telah memutuskan untuk berlatih lebih lama 2 kali daripada biasanya, dan walaupun mereka mendapatkan hasil yang bagus, tapi kemudian mereka mengeluh mendapatkan sakit di pergelangan tangan dan lengan. Mereka menanyakan apakah hal ini adalah normal? Apakah mereka harus khawatir?

Simpelnya adalah ya, kita semua harus khawatir ketika mendapat keadaan yang seperti itu. Kalau kita menggunakan otot terlalu keras dengan waktu berlatih atau bermain yang lama, kita sama saja mengundang kedatangan tendonitis atau carpal tunnel syndrome [topik ini juga dibahas sedikit pada video instructional yang cukup terkenal oleh John Petrucci : Rock Discipline, dan sedikit lebih banyak dalam bukunya Wild Stringdom], suatu kondisi yang cukup mengerikan yang membuat syaraf pertengahan [yang bertugas untuk merasakan rangsangan dan gerakan] tertekan dan tidak bisa berfungsi dengan benar. Masalah seperti ini tidak akan sembuh begitu saja, jadi ketika kita menemukan sedikit gejala akan sesuatu yang janggal, kita harus segera memeriksakan diri dan bermain yang ringan – ringan saja sampai kita tahu hasil dari pemeriksaan medis. Kalau ada diantara teman – teman yang pencemas [mudah cemas], perlu sedikit perhatian antara ‘sakit yang baik’ dengan ‘sakit yang berbahaya’ dalam berlatih dan bermain gitar ; apa yang  seharusnya kita cari adalah rasa sakit yang janggal atau otot yang terasa terkunci dan tidak bisa melakukan apa yang kita perintahkan, bukan sedikit rasa lelah pada tangan dan lengan setelah periode latihan atau pertunjukan.

hand_carpal_tunnel_intro011
Carpal Tunnel Syndrome

Seperti aktivitas fisik yang lain, kita harus melakukan pemanasan sebelum melakukan hal – hal yang berat agar otot – otot kita dapat merentang dan berfungsi dengan baik [John Petrucci adalah salah satu yang cukup fokus dalam disiplin ini pada video instructional Rock Discipline dan buku Wild Stringdom]. Kita akan melihat analogi yang sama pada pusat – pusat latihan kebugaran, para pengangkat berat akan melakukan cukup banyak pemanasan dan peregangan yang juga cukup lama sebelum mengangkat beban apapun, dan ketika mereka mulai melakukannya, mereka akan mulai dengan beban yang tidak terlalu berat dan setelah itu menambahkan bebannya secara bertahap yang akan melindungi otot – otot mereka dari ketegangan yang tidak diharapkan. Dengan hal yang sama, kita akan segera merasa sakit ketika pertama kali dalam beberapa hari memegang gitar dan langsung memainkan ‘Flight Of The Bumblebee’ dalam tempo sebenarnya. Lagu  – lagu yang membutuhkan teknik akan terasa lebih mudah dan hampir tidak akan mengakibatkan cidera kalau kita mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan memainkan pola – pola yang sederhana, dengan cukup pelan dan kemudian secara bertahap menambahkan kecepatan.

Semua yang ditulis diatas akan benar – benar penting ketika tangan kita dalam kondisi dingin. Temperatur yang dingin akan membuat darah berkumpul pada badan dan menjauhi ujung – ujung bagian tubuh [itulah kenapa kalau kita kedinginan, tangan dan kaki kita terasa membeku karena mereka adalah bagian tubuh paling ujung], sehingga sirkulasi darah pada tangan sedang dalam keadaan yang minimal. Bahkan mungkin buat teman – teman yang mengalami cuaca dingin sampai tangan terlihat kebiru – biruan, jelas ini bukan kondisi yang baik untuk mengajak tangan menikmati marathon dengan skala kromatik :p Jadi mungkin kita akan membutuhkan sepasang sarung tangan. Memang sarung tangan akan sedikit terlihat kurang rock n roll, tapi mereka akan melindungi tangan kita dari perubahan temperatur yang terlalu mendadak dan akhirnya… hanya kedua tangan inilah yang kita milik.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s