Postur Tubuh

Posted on Updated on

franciscotarrega
Francisco Tarrega : Posture bermain gitar klasik

Ada hal penting yang lain yang perlu dipertimbangkan dalam bermain gitar : postur tubuh ketika bermain. Kebanyakan masalah dan rasa sakit yang ada dalam bermain gitar berhubungan dengan postur tubuh yang salah, dan sementara bermain gitar itu seharusnya terasa nyaman dan natural. Kalau tidak, berarti kita melakukanya dengan postur yang salah! Kita akan akrab dengan prinsip – prinsip umum dalam bekerja di kantor kalau kita adalah seorang pekerja kantoran, tentang monitor komputer yang seharusnya setinggi dari mata kita, pergelangan tangan seharusnya lurus ketika mengetik, tinggi kursi kita harus sekian sekian dan lengkungan punggung kita seharusnya seperti contoh pada gambar [misalnya] 1 dan tidak seperti gambar 2 [misalnya] dst, bla bla bla.

Dalam bermain gitar, postur yang jelek mungkin diakibatkan karena sering berlatih atau bermain dengan posisi bersandar dan merosot pada kursi sambil nonton TV [misalnya], melihat terlalu berlebihan pada jari – jari tangan pada fretboard, atau sight playing* dengan lembaran – lembaran partitur yang diletakan di lantai sehingga leher kita akan dipaksa untuk bertahan pada sudut yang tidak nyaman untuk membaca. Pada umumnya hal yang paling penting adalah kita harus memperhatikan agar punggung dan pergelangan tangan kita selurus mungkin.

Beberapa waktu dengan kesibukan mengajar sekaligus mempelajari suatu musik, saya harus duduk selama 7 – 9 jam per hari dalam ruangan yang kecil. Kesalahan kebiasaan –  kebiasaan kecil dalam rutinitas seperti ini setiap hari akan memberikan penumpukan masalah yang semakin lama berpotensi mengganggu proses kegiatan musik kita. Pelu diingat bahwa bermain gitar itu seharusnya serileks mungkin. Kalau kita benar – benar serius terhadap karir dimusik, kita harus menciptakan keadaan yang sedemikian rupa agar kita bisa berlatih dengan baik dan nyaman.

*) Bermain musik dengan membaca notasi musik.

Previous | Next

One thought on “Postur Tubuh

    syapa ya , , , said:
    Juni 26, 2009 pukul 6:43 pm

    keren keren nih postingannya,,, sepele banget ya masalahnya tapinya amat sangat dan perlu di perhatikan klo emang kita serius di musik ya om hehehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s