Feedback bagian 2

Posted on Updated on

Orange-Dual-Terror
Orange Dual Terror

Perlu diingat bahwa ada 2 jenis overdrive. Yang pertama adalah yang diproduksi oleh preamp [Bagian pembentuk tonality dari sebuah system amplifier, yang mengontrol gain dan tone secara langsung], yang ditandai dengan karakternya yang fuzzy yang sangat umum bagi siapa saja yang berusaha ingin membuat suara amburadul pada volume pelan. Yang kedua adalah hasil dari overdrive power amp [bagian dari sebuah system amplifier yang bertugas mengatur volume keseluruhan, dari Master Volume knob]. Overdrive berjenis ini akan cenderung terdengar lebih musikal : Gitar akan terasa lebih responsif, sustain yang lebih OK, tapi dengan timbre* keseluruhan yang lebih halus, tanpa kejelasan buzz** seperti pada distorsi preamp.

Ampli tabung sangat bagus terutama untuk bagian distorsi power amp nya, semakin kita keras menggunakannya, semakin bernyanyilah suaranya, dan telah kita ketahui kalau kebanyakan tone dari suara gitar klasik rock yang kita sukai itu berasal darinya. Tapi, tentu saja gitaris Pantera, Dimebag Darrell punya sound yang luar biasa dari ampli solid statenya [non tabung] Randall stacks, tapi ya hal ini benar – benar suatu pengecualian daripada hal – hal yang umum dilakukan. Kebanyakan gitaris – gitaris rock menyukai bagaimana sebuah ampli tabung merespon permainan mereka, dan semakin suksesnya suatu bentuk ampli solid state biasanya menyatakan kalau mereka memasukan sebuah sirkuit tabung tiruan [Supaya adil, mungkin ada beberapa teman – teman yang memilih suara dari ampli solid state kalau prioritas utamanya adalah untuk mendapatkan suara yang benar – benar bening dan bersih pada clean channel dengan volume tinggi***. Gunakan telinga untuk menentukan apa yang kita sukai]

Sebuah ampli yang lumayan akan bekerja dengan kondisi yang terbaik ketika benar – benar dipakai cukup keras, sehingga ada sebuah volume minimal yang diperlukan agar detail karakter suara benar – benar 100% keluar. Kalau kita membeli ampli butik super mewah dengan komponen – komponen yang terbaik tanpa memainkannya dengan volume yang cukup keras, akanlah sama sia – sianya dengan membeli sebuah Ferrari dan selalu menggunakannya pada jalanan yang macet. Ada banyak situasi yang sebenarnya cukup layak untuk mempertimbangkan sebuah ampli tabung dengan daya kecil, misalnya dalam setting gig, kita akan seringkali menemukan soundman yang protes karena gitar yang terlalu kencang [karena tugasnya adalah untuk mendapatkan sinyal yang terpisah dari setiap instrument, wajar saja kalau sebuah bunyi yang terlalu kencang akan mempengaruhi semua microphone diatas panggung]. Di dalam studio, perlu kita ingat bahwa seorang Jimmy Page menggunakan sebuah ampli Fender Supro yang terdengar  jauh dari kesan tipis pada awal – awal karir di Led Zeppelin.

*) warna suara

**) distorsi

***) pada volume tinggi dan bermain dengan aksen, clean channel pada ampli tabung akan sedikit diwarnai overtones dan harmonic seperti overdrive yang amat tipis.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s