Tips Efek Gitar

Posted on Updated on

gt10
BOSS GT - 10

Melanjutkan topik tentang sound yang terdengar kurang jelas, sekarang saatnya sedikit membahas tentang efek. Sebagian besar preset bawaan pabrik pada multi efek menggunakan kadar yang cukup banyak pada reverb [gema ruangan] dan chorus [fx paduan dari banyak gitar], sementara delay yang keras dan kadar overdrive yang berlebihan. Mengapa demikian? Karena pada produsen tahu bahwa calon – calon potensial konsumen mereka akan mencobanya sendiri di dengan peralatan yang ada ada di toko musik. Semakin mewah dan meriah dalam sound preset bawaan pabrik mereka, semakin akan mengesankan para calon – calon pembeli potensial. Walaupun semewah dan semeriah apapun, biasanya ketika pertama kali kita membawa multi efek pada suatu sesi gigs, kita harus sedikit mengurangi parameter kadar dari tiap efek dalam preset bawaan pabrik kalau mau menggunakan sound dari preset mereka. Efek – efek pemroses sinyal ini akan terdengar luar biasa ketika dipakai dengan bijaksana, penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan hilangnya clarity [kejelasan tone]. Kalau kita menggunakan efek – efek secara berlebihan, maka akan terdengar seperti jauh dari natural, seperti suara yang terdengar dari ruangan sebelah yang melewati tembok.

Suatu permasalahan lain tentang efek adalah tentang volume dari tempat kita bermain dan respon alami dari tempat tersebut. Tidak ada dua bangunan yang akan merespon bunyi dengan sama, tetapi meskipun demikian, masing – masing dari mereka memang punya persamaan dalam beberapa hal, sehingga bisa dikelompokan dalam gambaran – gambaran umum nama – nama dalam program efek reverb seperti “Chatedral”, “Small Hall”, ” Live Room” dan seterusnya. Karena tempat dari kita bermain itu telah memberikan respon alami untuk reverb, jadi cukup masuk akal kalau kita mengurangi kadar artificial reverb [reverb buatan] pada efek kita.

Tentu saja penting atau tidaknya hal ini tergantung pada ukuran dan bentuk bangunan serta untuk lebih detailnya lagi, penyerapan suara pada permukaan lantai, dinding dan atap [tergantung dari materi pembentuknya]. Saya pernah beberapa kali bermain di tempat yang kurang lebih seperti hangar kosong dengan lantai, dinding dan atap terbuat dari materi keras sehingga sound yang dihasilkan memantul dengan acak. Hal yang cukup membantu untuk menghasilkan sound yang baik ditempat seperti itu adalah dengan mengurangi efek sampai seminimal mungkin dan juga mengurangi volume keseluruhan.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s