Bending Senar bagian 1

Posted on Updated on

Guitar_bending
Jari Yang Saling Berbagi Tekanan Saat Bending

Salah satu kelebihan gitar terhadap instrumen – instrumen lain adalah kita bisa menyentuh langsung sesuatu yang menimbulkan sumber bunyinya [senar] dan dari situ bending senar dapat dilakukan. Tidak hanya membuat not – not untuk meluncur dan berpindah secara halus dari suatu pitch ke pitch lain, tetapi juga bisa sebagai vibrato, sebuah teknik menaik – turunkan pitch secara ritmik [periodik, umumnya cukup cepat] yang efektif untuk membuat not terdengar bergoyang disekitar pitch utama, membuat efek tebal. Ini adalah teknik yang lazim terdapat pada vocal, membuat gitar lebih ekspresif daripada instrument lain, misalnya piano yang hampir tidak mungkin melakukan bending secara fisik.

Kemampuan bending pada gitar ini dipengaruhi pada banyak faktor. Misalnya senar E yang tebal mempunyai tekanan yang lebih besar pada pitch yang sama, sehingga membuat tingkat bending menjadi lebih susah. Ini juga menambahkan resiko jika kita kurang berhati – hati karena beratnya tekanan, ketika melakukan bending bisa saja not itu selip dari jari kita, yang akan menghasilkan suara open string yang keras, dan tentu saja hal ini harus sebaik mungkin dihindari. Hal ini sering terjadi terutama ketika jari sedang banyak berkeringat, tapi bisa saja terjadi sewaktu – waktu. Dan ketika hal itu terjadi, para pendengar akan langsung mengetahui kalau kita telah melakukan sesuatu yang salah, dan ini adalah salah satu hal yang susah disamarkan, bahkan bagi para improviser yang berpengalaman sekalipun.

Ada dua cara untuk mengatasi hal ini. Yang pertama adalah meminta bantuan jari lain dibelakang yang sedang bertugas melakukan bending. Misalnya ketika yang bertugas melakukan bending adalah jari manis, maka kita bisa menempelkan jari tengah di belakangnya pada senar yang sama, berbagi tekanan sehingga memudahkan kontrol terhadap bending, tapi ini tidak berlaku ketika yang melakukan bending adalah jari telunjuk.

Hal yang paling unik terjadi ketika kita melakukan bending dengan jari kelingking. Ketika kita membantu jari kelingking dengan jari manis, kita akan segera merasakan kalau perbedaan panjang kedua jari yang bersebelahan ini akan membuat bantuan untuk melakukan bending menjadi tidak efektif. Solusinya adalah dengan menggunakan bantuan jari tengah, walaupun tidah bersebelahan, tapi cara ini mungkin lebih efektif dan lebih mudah untuk dilakukan pada senar tebal, dan teknik ini juga telah dipakai oleh banyak pemain.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s