Bending Senar bagian 2

Posted on Updated on

guitar-basics-string-bending-850-100
Teknik Bending

Cara lain untuk memaksimalkan kekuatan dan karakter bending adalah dengan melihat posisi pada tangan yang melakukan fretting. Ada beberapa players yang kurang jelas tentang bagaimana pastinya melakukan bending, ada sedikit teknik dasar yang berlaku umum untuk semua bending : Jari – jari kita seharusnya tidak melakukan bending sendirian! Ketika jari – jari kita telah merasakan tekanan senar, maka mereka seharusnya tetap berada pada posisi itu, dan sisanya diambil alih oleh pergelangan tangan. Putaran pada pergelangan tangan dan pergeseran ibu jari dari tangan yang melakukan fretting akan secara efektif menekan jari – jari yang melakukan fretting untuk bergeser secara vertikal pada fretboard, membawa serta senar yang sedang dibunyikan. Selama jari – jari kita menekan fret dengan baik, sisanya tugas pergelangan untuk melakukan bending.

Dalam dunia gitar klasik, posisi dasarnya adalah ibu jari di belakang neck, dan selalu membuat jarak antara telapak tangan dan sisi bagian bawah neck. Ini adalah posisi tangan yang ideal untuk melakukan hal – hal yang bersifat lebih teknikal, seperti voicing akord – akord yang susah, dan licks yang memerlukan peregangan tangan yang lebar, tapi pada posisi ini akan sulit melakukan bending. Terasa bahwa sedikit sekali bagian dari ujung jari – jari yang benar – benar mendorong senar. Ketika menggunakan posisi grip neck seperti memegang tongkat, dengan ibu jari mencengkeram sisi atas dari neck, kita merasa lebih banyak kontak pada kayu neck, yang akan memberikan kita daya angkat untuk bending yang lebih baik. Cara ini akan membuat ujung jari – jari kita terasa lebih kuat dan lebih dekat pada fretboard. Tapi tentu saja posisi ini akan membatasi jari – jari kita dari melakukan jangkauan peregangan yang lebar, dan juga keterbatasan pergerakan dalam mengambil posisi fingering pada fretboard , jadi sebaiknya kita tidak selalu hanya menggunakan satu posisi secara eksklusif saja, walaupun ini adalah posisi terbaik untuk melakukan bending besar tanpa harus mengambil resiko melukai jari – jari kita. Posisi ini juga sangat efektif untuk memainkan bagian – bagian rhytm yang kompleks seperti yang terdapat pada lagu – lagu Jimi Hendrix, banyak dari voicing yang bisa dilakukan dengan menggunakan ibu jari untuk melakukan fretting pada senar E rendah, yang sebelumnya tidak mungkin bisa dilakukan dengan fingering biasa.

Ketika sedang bermain pada senar rendah, bending yang bisa dilakukan adalah dengan menekannya kebawah [kearah lantai]. Ada sedikit perbedaan pada bending yang ini, kita harus menekuk jari – jari kita lebih banyak. Dan ketika masih sering terpeleset, mungkin kita perlu memperhatikan dimana bagian ujung jari kita menyentuh senar untuk melakukan bending. Coba daerah yang lebih empuk, lebih jauh dari bagian keras di dekat kuku.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s