Vibrato bagian 2

Posted on Updated on

eric-clapton-picture-1
Eric Clapton

Selain sebagai efek seperti suara natural manusia, vibrato juga adalah salah satu teknik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sustain [ekor suara]. Basic vibrato adalah dengan menggerakan secara konstan antara senar terhadap fret,  yang artinya fret menggesek senar dari bawah dan seperti sebuah biola, hal ini akan membuat senar bergetar lebih lama [Ini jenis vibrato vertikal yang cuma efektif dimainkan pada senar logam, bukan senar nylon seperti pada kebanyakan gitar klasik. Mereka menggunakan teknik vibrato secara horizontal atau menyamping atau menggerakan posisi tangan yang melakukan fretting sepanjang senar di sekitar pitch utama, dan teknik ini juga bisa saja dimainkan di senar logam, Greg Howe adalah contoh pemain yang menggunakan vibrato ini pada gitar elektrik dengan gaya fusion nya]. Kalau kita menambahkan gain pada ampli kita, kita dengan mudah bisa mendapatkan sustain secara simpel hanya dengan secara konstan melakukan vibrato seperti intronya Jimi Hendrix pada lagunya Foxy Lady. Atau bisa pula melapisi sebuah string section dengan teknik ini pada proses rekaman.

Semoga tulisan ini bisa membantu kita semua mendapatkan karakter vibrato kita dan berbagai macam gaya vibrato untuk berekspresi. Pertimbangan rekomendasi untuk dianalisa :

Permainan Eric Clapton adalah sebuah panduan dasar bagaimana cara membuat sebuah not benar – benar bernyanyi. Dan ketika kita menyaksikan video – video live nya, kita akan menyadari ada hal yang sedikit tidak biasa : Ketika dia menambahkan vibrato untuk membentuk sustain yang lama, dia akan melepaskan kontak antara ibu jarinya dengan bagian belakang neck, sehingga hanya ujung jari yang sedang menekan senar yang bekerja untuk melakukan vibrato. Sebenarnya prinsip dasarnya sama saja, bahwa jari – jari kita harus tetap berada pasa posisi yang tetap untuk menekan senar sementara pergelangan tangan yang melakukan gerakan untuk menggetarkan jari. Namun untuk melakukan seperti Eric Clapton ini mungkin akan sedikit lebih sulit karena vibrato dilakukan tanpa ibu jari.

Untuk mencegah neck ikut bergerak ketika pergelangan kita menggetarkan jari, sebaiknya lengan tangan yang melakukan picking membantu dengan menekan body gitar. Dengan cara ini, lengan tangan picking kita akan menahan tekanan yang ditimbulkan dari jari – jari yang menekan senar. Kebanyakan pemain akan merasakan kalau cara ini lebih susah dan kurang bisa diandalkan daripada cara tradisional yang seperti memegang tongkat, tapi vibrato gaya Eric Clapton ini memberikan ruang untuk vibrato yang lebih cepat dan berkarakter.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s