Palm Muting bagian 1

Posted on Updated on

400px-Steve_Morse_2005
Steve Morse

Jadi, sebenarnya bagaimanakah caranya untuk meredam bunyi yang tidak diinginkan sampai seminimal mungkin? Kedua tangan kita dapat berperan aktif untuk saling membantu dalam hal ini. Misalnya saja, kita membunyikan not E di senar G fret ke 9. Segera sesaat setelah kita memetik dan membunyikan not E tersebut, maka senar – senar yang bersebelahan [yang terdekat adalah senar B dibawahnya dan senar D diatasnya] akan mulai ikut bergetar, mungkin turut bersimpati [Hahahaha, alasan yang sebenarnya adalah karena resonansi ;)]. Hal ini akan menurunkan kualitas dari tone not E yang sedang kita mainkan. Untuk menghindari kesetiakawanan getaran para senar yang tidak terpilih ini kita bisa memakai bagian bawah dari jari yang sedang melakukan fretting [atau jari lain, telunjuk adalah yang paling mudah karena tugasnya yang terbiasa melakukan blocking pada banyak senar seperti bare chords, atau akord bar] untuk menyentuh senar di sebelah bawah senar G ini [senar B dan E], sehingga mencegah mereka berbunyi.

Sementara itu, senar yang berbunyi lebih rendah [senar D, A dan E] dapat diredam dengan menyentuhkan bagian dari tangan yang melakukan picking ke senar – senar tersebut. Bagian yang lebih spesifik untuk meredam senar – senar ini sebenarnya bervariasi, karena cara dan pendekatan picking dari para pemain gitar memang berbeda [silakan cek dari Eddie Van Halen, Steve Morse, hingga Marty Friedman], namun walaupun demikian masing – masing gaya ini punya persamaan yaitu selalu melibatkan suatu bagian dari telapak tangan [karena itu istilah palm muting atau cara meredam senar dengan suatu bagian dari telapak tangan adalah sebuah teknik yang umum].

Walaupun telapak tangan sendiri cukup luas dan banyak sisi dan sudut – sudut yang bisa dipakai untuk meredam senar, tetapi pada umumnya bagian yang paling populer yang digunakan untuk meredam senar adalah bagian terluar dari telapak tangan, di suatu wilayah diantara pergelangan tangan dan jari kelingking. Silakan bereksperimen sendiri dan tentukan cara terbaik untuk meredam senar yang paling cocok dengan gaya permainan kita masing – masing. Carilah bagian yang terdekat dengan senar dari kebiasaan posisi picking kita. Tujuan dari eksperimen ini adalah untuk melakukan palm muting dengan nyaman pada senar – senar yang sedang tidak dibunyikan kapanpun kita bermain gitar. Dengan sedikit bereksperimen dan mengubah sudut dari pergelangan tangan untuk picking, kita akan bisa melakukan peredaman pada not yang sedang tidak dibunyikan, tanpa khawatir akan secara tidak sengaja menyenggol dan menahan bunyi dari senar yang berusaha kita petik.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s