Solusi Lain bagian 2

Posted on Updated on

2-6-4
Muting

Ada beberapa penerapan lain dari konsep teknik muting ini, terutama pada sisi dinamikanya.  Sebagai latihan awal, kita bisa mencoba memainkan not yang sama secara berulang – ulang, dan fokus untuk membuat tiap not terdengar lebih agresif daripada not sebelumnya. Mungkin kita akan melakukan picking dengan lebih keras dan keras lagi sampai disuatu tingkat dimana melakukan picking lebih keras lagi tidak akan memberi perubahan apapun pada peningkatan volume suara dan karakter bunyinya. Hal ini terasa seperti kita bermain gitar dengan rasa marah, dan berguna di saat – saat tertentu dalam mengekspresikan lagu, namun perlu ditekan kan agar kita tetap meminimalkan noise sebagai efek samping dari picking kita yang keras, dengan teknik muting ini.

Dalam eksplorasi dinamika picking ini, kita bisa mendapatkan beberapa tambahan tingkat pada ukuran seberapa agresifnya permainan kita, dengan bersama – sama membunyikan not yang kita bunyikan dan beberapa senar yang sepenuhnya diredam [ghost notes]. Ini akan menambahkan karakter perkusif pada awal dari bunyi not, tetapi tidak akan mempengaruhi pitch dan karakter bunyi dari not  itu sendiri karena efek perkusif ghost notes ini tidak mempunyai pitch tertentu dan langsung berhenti berbunyi sekejap saja setelah dipetik. Kita hanya memainkan not yang kita kehendaki saja, jadi kalau kita melakukan peredaman dengan baik, bunyi – bunyi pada senar yang ikut kita petik ini akan menambahkan karakter crunch tanpa noise tambahan. Teknik ini sangat umum digunakan ketika para pemain gitar melakukan eksplorasi pada wilayah blues, dan contoh – contohnya pun cukup beragam dari yang secara halus seperti gaya BB King yang terkadang sering terdengar menambahkan teknik ini pada permulaan not – notnya yang panjang, sampai dengan gaya enerjik Stevie Ray Vaughan yang seringkali melakukan sebuah jalur riff tapi melakuan picking pada keseluruhan 6 senar, yang memberi efek kasar dan sangat agresif [Berhati – hati dan bijaksanalah dalam penggunaan teknik ini, kalau belum terbiasa sebaiknya kita berlatih dengan yang jauh dari kesan ekstrim terlebih dulu]

Ada sedikit contoh latihan buat teman – teman yang baru pertama kali mengetahui dan ingin mencoba teknik ini. Ketika kita gunakan jari manis untuk memencet not F# pada senar pertama fret ke 14, kita bisa melakukan gerakan sapuan pada picking, sehingga mengenai senar D, G dan B dalam satu arah picking. Lakukan palm muting secara efektif, dan direkomendasikan agar menambahkan keamanan pada teknik peredaman kita dengan melakukan peredaman bersama menggunakan sisi sebelah dalam dari jari telunjuk kita. Salah satu dari kedua teknik peredaman ini bisa saja kurang efektif ketika hanya dilakukan sendiri – sendiri, misalnya kalau kita hanya menggunakan tangan yang melakukan fretting untuk meredam senar,  ada kalanya bisa menimbulkan harmonics pada fret – fret tertentu. Tapi dengan menggabungkan kedua tangan untuk teknik muting ini, hasilnya jauh lebih bisa diandalkan, dan setelah sedikit latihan, kita akan mulai secara insting otomatis melakukan teknik ini [muted rakes] pada not – not tertentu yang ingin kita buat terdengar sedikit lebih menonjol.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s