Metode Tuning bagian 1

Posted on Updated on

mathmusic
Matematika & Musik

Kali ini saya akan memberikan tulisan yang mungkin sedikit agak membingungkan, tapi ini dirasa cukup perlu untuk dibagikan pada teman – teman semua.

Sedikit mengingat – ingat pelajaran fisika dulu. Satuan pitch dari tiap not adalah hertz, ukuran jumlah getaran senar dalam satuan waktu [detik], dan ukuran ini menjadi dua kali lipat pada oktaf yang lebih tinggi, jadi ketika kita melihat ‘A = 440’ dalam sebuah tuner,  itu berarti sebuah not A yang benar mungkin bergetar 880, 440, atau 220 kali per detik, tergantung pada oktafnya.

Masyarakat Yunani/Latin dulu telah menemukan metode system pembagian untuk menghasilkan sekumpulan not yang terdengar bagus dalam suatu skala. Sekumpulan not ini kemudian kita kenal sebagai skala mayor, dan dalam kunci C pembagiannya akan seperti ini :

C = 264 Hz – dikalikan dengan 9/8 untuk mendapatkan :

D = 297 Hz – dikalikan dengan 10/9 untuk mendapatkan :

E = 330 Hz – dikalikan dengan 16/15 untuk mendapatkan :

F = 352 Hz – dikalikan dengan 9/8 untuk mendapatkan :

G = 396 Hz – dikalikan dengan 10/9 untuk mendapatkan :

A = 440 Hz – dikalikan dengan 9/8 untuk mendapatkan :

B = 495 Hz – dikalikan dengan 16/15 untuk mendapatkan :

C = 528 Hz.

Perhatikan bahwa not terakhir adalah dua kali frekuensi dari not C yang pertama, dan pola yang sama akan berulang untuk menghasilkan not – not di oktaf selanjutnya.

Metode pembagian yang sederhana ini cenderung terdengar menyenangkan untuk telinga kita. Harmonic juga menggunakan metode yang serupa. Nanti rencana juga akan saya bahas soal bagaimana cara untuk mengeluarkan bunyi harmonic pada suatu titik di sepanjang senar yang  secara rata terbagi dua, tiga, empat dan seterusnya. Sementara itu kembali ke Metode Tuning ini, daftar diatas adalah beberapa not yang terdengar bagus dalam suatu skala, dalam kunci C, dan saat ini telah umum disebut secara spesifik sebagai C Major Scale

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s