Swing bagian 2

Posted on Updated on

bermacam - macam gaya ritmis dari pola picking

Swing feel ini cenderung menambahkan kesan hidup pada sebuah groove. Ini memang bisa berarti sebagai sesuatu yang bagus, tetapi tentu saja hal ini tidak lalu membuatnya bisa diterapkan di semua kondisi musical. Memahami bagaimana melakukan swing itu adalah aset yang besar dalam bermain musik, tapi ini hanya kalau kita memainkannya pada musik yang sesuai. Kalau kita mencoba memainkan swing pada lagu – lagu yang mempunyai riff – riff dengan straight feel, maka musiknya akan terdengar aneh dan tidak wajar. Demikian pula sebalikya. Namun walaupun demikian, sebagai cabang dari seni yang umumnya hanya diapresiasi dengan dua kata, ‘bagus’ dan ‘kurang bagus’, tentu saja dunia musik  selalu terbuka untuk sebuah cabang bidang eksperimental.

Hal yang cukup menyenangkan untuk dieksplorasi adalah kita bisa mengubah – ubah besarnya swing feel ketika memainkan gitar. Hal ini berada di wilayah yang abu – abu, suatu tempat diantara swing feel dan straight feel, dan bermain sedikit dibelakang ketukan. Kita semua mungkin telah akrab dengan groove hip hop yang pelan dan terdengar agak malas – malasan, yang terdapat elemen swing didalamnya walaupun sedikit sekali kalau dibandingkan kalau kita sering mendengarkan lagu – lagu bebop yang elemen swingnya terdengar amat sangat jelas. Dalam hal ini, kita masing – masing mempunyai konsep pribadi tentang swing yang dipengaruhi referensi musik kita. Didalam musik, sebagian besar dari kita menentukan sesuatu terdengar benar atau salah adalah hasil dari perbandingan dengan musik – musik lain yang kita dengarkan. Semakin terbuka referensi musik kita, semakin kita lebih mudah mengapresiasi musik dengan banyak elemen eksperimental didalam strukturnya.

Contoh yang lebih spesifik, silakan cek shuffle feelnya Stevie Ray Vaughan, di lagu ‘Pride And Joy’. Bermain ritmis dengan gaya seperti ini akan lebih terdengar ok kalau kita memainkan semua ‘and‘ nya se-terlambat mungkin [Silakan cek Swing bagian 1], jadi kalau kita ingin bermain lebih baik dengan gaya ini, perhatian utama kita adalah tentang sebesar apa kita harus melakukan swing disini. Dari video livenya, Stevie memainkan bagian lagu ini dengan gerakan memutar pada pergelangan tangannya, dia seperti sedang menggulung tali pancing dan sedikit macet disetiap hampir satu putaran gulungan [analogi saja, hehehehe]. Saya pribadi tidak terbiasa dengan teknik ini, dan ketika sedikit dianalisis, kita bisa menghasilkan efek yang cukup serupa dengan menekankan picking pada semua downstroke. Kita bisa mengistirahatkan tangan picking kita pada posisi dibawah senar sebentar setelah melakukan downstroke, dan melakukan upstroke di saat – saat terakhir, menggunakan gerakan menyentak dari pergelangan tangan, lalu masih bisa kembali melakukan downstroke tepat pada ketukan berikutnya. Dengan mengubah – ubah pola dan timingnya, kita bisa memperoleh berbagai macam feel, mungkin diantarnya bahkan suatu feel yang kita sukai dan belum pernah kita mainkan sebelumnya.

Tips terakhir dalam topik swing ini : Mau bagaimanapun salahnya kita dalam melakukan upstroke, ‘and‘ dan pola – pola lainnya yang terdapat diantara ketukan, kita harus selalu memperhatikan agar selalu bisa melakukan downstroke tepat waktu sesuai ketukan. Ini adalah konsep InsideOutside dalam konteks ritmis.

Previous | Next

2 thoughts on “Swing bagian 2

    konsumen miyabi said:
    November 17, 2009 pukul 7:36 pm

    saya hanya ingin menambahkan…
    klw dalam musik bop, swing feel ini tidak akan terdengar lagi. karena tempo sudah tidak memungkinkan lagi untuk nada mengayun. akhirnya berubah jadi straight feel. hal ini berlaku untuk bop yang bener2 ngebut. tp bukan berarti tidak bisa “swinging”:)

      Dito Musicman said:
      November 17, 2009 pukul 8:17 pm

      Tambahan yang bagus, Konsumen Miyabi, terimakasih sudah aktif lagi menambahkan ide – ide baru disini😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s