Kecepatan Dan Akurasi bagian 2

Posted on Updated on

Bruce Lee, pukulan efisien 1 inchi yang mematikan : Cepat dan Akurat

Tulisan kemarin lebih membahas tentang tangan fretting dan sekarang tentang tangan picking.

Prinsip efisiensi yang sama juga berlaku untuk tangan picking. Sebuah teknik picking yang cepat dan bagus tidaklah bergerak lebih cepat daripada teknik yang kurang bagus dan lambat, tetapi teknik yang bagus adalah picking bergerak dengan jarak yang lebih pendek dan darinya memungkinkan bisa melakukan picking lebih banyak dalam satuan waktu. Tujuan kita dalam melatih picking adalah mengurangi gerakan dan memperbaiki setiap bagian dari gerakan picking sampai pada satuan milimeter [serius] dan tetap menjaga kualitas dari tone tiap picking. Gerakan yang melebihi hal ini akan dianggap sebagai pemborosan waktu dan energi.

Ketika kita mencoba menganalisa sendiri picking kita [bisa dengan video dokumentasi ketika latihan], dan mencoba pendekatan efisiensi ini, lalu sedikit demi sedikit berusaha mencoba membuang gerakan yang tidak perlu, hal yang pertama kali kita rasakan mungkin adalah sesuatu seperti kurangnya volume dari bunyi, tone yang kurang baik, dan picking yang kurang konsisten. Mungkin akan lebih susah membunyikan tone yang baik dari proses awal melakukan efisiensi ini, yang sebelumnya kita dengan mudah bisa membunyikannya dengan teknik gerakan yang jauh [yang kurang efektif dalam konteks kecepatan]. Ini adalah efek samping dari awal penerapan metode efisiensi diatas, dan suatu kemunduran teknik yang sifatnya hanya sementara. Begitu kita semakin sering berlatih dengan benar menggunakan teknik yang efektif dan efisien, kita akan bisa lebih nyaman melakukannya dan bisa membunyikan tone yang bagus dari teknik picking yang cepat, dan kita akan bisa membunyikan volume yang merata dengan energi yang sama tetapi denga hanya gerakan yang lebih kecil.

Analoginya seperti pukulan 1 inchi yang mematikan oleh Bruce Lee yang terkenal itu, sekali pukul untuk meng – KO musuh. Beliau bisa melempar kita dalam ruangan hanya dengan gerakan beberapa sentimeter saja. Hal ini menggambarkan contoh yang bagus tentang seseorang yang mengatur banyak energi pada satu gerakan kecil dan amat cepat. Hal ini bisa diaplikasikan pada teknik permainan kita pada instrument musik [dalam hal ini, gitar],dan hasilnya adalah luar biasa, setiap kemajuan teknis akan membuka peluang untuk melakukan teknik lain lagi ditingkat lebih tinggi. Kalau kita berhasil menguasai teknik efisiensi ini, jelas kita akan bisa melakukan hampir apapun pada gitar tanpa khawatir cidera, lalu kemungkinan besar orang – orang akan tertarik menyaksikan penampilan musik kita. Tetapi kalau setelah mengetahui hal ini kita malah belajar dan berhasil menguasai teknik pukulan Bruce Lee tadi, mungkin orang – orang malah akan lari. Hahahaha.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s