Kecepatan Dan Akurasi bagian 4

Posted on Updated on

Musik adalah bentuk ekspresi dengan media suara, seharusnya membantu kita dalam menyalurkan kreasi, tidak malah sampai membuat kita frustasi

kita perlu memberikan kebebasan pada kita sendiri dan mempertimbangkan segala kemungkinan pendekatan – pendekatan lain untuk mencapai kemajuan secara teknis dengan efisien dan efektif, dalam satuan alokasi waktu, dan paradigma yang terpenting, berlatih bukanlah untuk menghukum diri sendiri dengan aturan yang ketat. Hal yang paling merugikan adalah perasaan marah pada diri sendiri ketika kita selalu salah dalam melatih sebuah licks, misalnya, dan ini hanya akan mengganggu konsentrasi latihan kita. Akan lebih baik ketika kita mengalami hal ini agar beristirahat sejenak, lalu ketika telah siap untuk melatihnya kembali dengan lebih tenang, kita bisa membagi licks tersebut menjadi beberapa bagian  berupa potongan licks pendek dari licks utama, dan melatihnya pada tempo yang kita dapat memainkannya dengan nyaman. Dan jika dirasa melatih bagian licks ini masih bisa membuat frustasi, maka kita bisa membaginya menjadi beberapa licks yang lebih kecil lagi, dan seterusnya. Dengan cara ini kita akan fokus pada masalah teknis yang sebenarnya, dengan lebih efisien dan efektif. Dalam hal ini tidak perlu kita terburu – buru. Dalam jangka panjang, akan lebih baik kalau kita mendapatkan dasar teknik dengan benar pada tempo yang pelan, sehingga kita bisa yakin telah berlatih membuat pondasi yang benar dan kokoh untuk dikembangkan lagi pada teknik – teknik lanjutan. Hasilnya akan segera kita rasakan seiring waktu.

Speed [bermain cepat] adalah hasil dari akurasi.

Itu adalah inti dari kesemuanya. kalau kita selalu membiasakan diri dengan berlatih secara akurat dan dengan teknik yang efisien, maka segera kita akan merasakan kalau licks yang cepat bukanlah masalah yang menyeramkan lagi. Kita semua mungkin telah mendengar nasihat ini sudah sejak dari dulu, tapi kebanyakan dari teman – teman kita tidak mau memahami dan melakukannya, dan respon yang sama konyolnya juga terjadi dimana – mana pada nasehat ‘merokok tidak baik untuk kesehatan’, padahal kedua nasehat itu benar dan semuanya untuk kebaikan kita sendiri [Sori yeh buat para teman – teman smokers, untung gw udah quit smoking]. Marilah kita berlatih dengan baik tanpa terburu – buru, dan jangan bohongi diri sendiri terhadap bagaimana bunyi kemajuan permainan kita ketika kita memaksakan menaikan tempo metronome sebelum kita siap.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s