Bermain Tanpa Melihat bagian 2

Posted on Updated on

Bermain gitar tanpa melihat : Berlatih sambil menonton TV.

Kalau kita memilih untuk menekuni bidang musik yang menggunakan teknik sight playing, kita akan menghabiskan cukup banyak waktu untuk melihat bagan musik [partiture atau tablature] pada music stand. ketika kita akan mencuri – curi pandang pada fretboard untuk memeriksa akurasi teknik kita, kita akan beresiko tertinggal dalam membaca bagan, jadi dalam bidang musik ini, adalah amat sangat dianjurkan untuk kita agar bisa melakukan sebagian besar dasar teknik tanpa melihat jari – jari kita.

Ada sebuah hal konyol yang terlintas, teringat sebuah humor dalam sekolah orchestra kepada para pemain triangle, yang waktu itu cuma bermain hanya 1 not sepanjang pertunjukan malam itu, tetapi mengharuskannya membaca ribuan bar kosong [yang isinya not istirahat/rest note] hanya agar dia bisa membunyikan 1 not dimalam itu disaat tepat. Berdasarkan pengalaman bermain sight playing yang tidak banyak, kehilangan lokasi baca saat bermain di depan penonton adalah hal yang amat sangat konyol sekali. Semua orang hampir terlalu sibuk dengan bacaannya sendiri – sendiri yang tentu saja tidak bisa membantu kita menunjukkan lokasi baca kita, dan walaupun kita berkonsentrasi untuk memperhatikan teman – teman kita, bagian gitarnya tetaplah tidak ada karena kitalah yang bermain gitar, dan kita telah tersesat dalam membaca bagan, ini benar – benar bencana musical.

Walaupun cukup aneh, cara yang termudah dan efektif untuk bermain sight playing tanpa melihat tangan kita di tingkat awal adalah dengan bermain sambil menonton TV secara bersamaan. Hal ini tidak akan berhasil kalau kita belum menguasai apa yang sedang kita mainkan [misalnya beberapa konsep teknik baru yang cukup menantang]. Dengan membiarkan pikiran kita tidak terpaku fokus pada tangan akan membantu kita untuk bermain rileks [jari – jari hanya akan melakukan hal – hal yang telah dikuasai, dan bereksplorasi pada hal – hal yang memungkinkan dengan teknik kita saat itu. Jeff Beck telah menemukan banyak ide dengan pendekatan ini]. Salah satu sisi positif dari pendekatan ini adalah musikalitas kita hanya diberikan perhatian secukupnya saja untuk melakukan teknik yang telah dikuasai dengan baik, dan membiarkan jari – jari kita bereksplorasi sendiri terhadap kemungkinan pengembangan teknik yang sedikit menuntut perhatian lebih. Dengan cara ini kita punya beberapa pendekatan untuk berlatih gitar, sehingga menghindarkan kita pada perasaan bosan berlatih. Variasi pada metode fokus dan rileks ini akan membantu kita untuk tetap berlatih. Berlatih dan bermain gitar itu harus selalu menyenangkan.

TAMBAHAN PENTING! Ketika kita berlatih dengan metode ini sambil menonton TV, dianjurkan agar kita rileks, duduk dengan cukup tegak, posisi bermain dan pergelangan tangan harus dalam posisi baik. Kesalahan dalam hal ini dalam jangka panjang akan mengakibatkan cidera otot seperti tendonitis. Kabarnya Vito Bratta, gitaris dari White Lion mengalami cidera otot saat berlatih di sofa, dan membuat pergelangan tangannya tidak dalam posisi yang nyaman untuk bermain gitar. Kalau hal ini bisa terjadi pada gitaris luar biasa itu, maka jelas hal ini bisa terjadi kepada siapa saja. Mari berlatih dengan baik dan benar.

Previous | Next

2 thoughts on “Bermain Tanpa Melihat bagian 2

    online said:
    Desember 30, 2009 pukul 7:06 pm

    apa yang saya cari, terima kasih

      ditomusicman said:
      Januari 4, 2010 pukul 5:42 am

      Sama2 bro😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s