Dinamika bagian 1

Posted on Updated on

Ngobrol : Perubahan pitch dan dinamika

Dinamika adalah salah satu aspek yang paling penting untuk dilatih. Semua hal yang kita telah kita latih bisa dijadikan materi utama untuk melatih dinamika. Dalam konteks ini, kita seharusnya bisa bisa mengatur seberapa kencang suatu not kita bunyikan, dan seberapa pelan kita bisa membunyikannya, dan juga pertengahan diantara keduanya [yaitu setting normal dinamika kita]. Dengan menguasai teknik untuk melakukan dinamika ini kita bisa mempunyai kebebasan dalam mengekspresikan tiap not yang kita mainkan.

Ada berbagai macam cara untuk mengeksplorasi kemampuan permainan dinamika kita, dan contoh analogi paralel yang termudah adalah dengan melihat bagaimana kita berbicara dan mengobrol sehari – hari. Ketika kita menganalisis hal yang setiap hari kita lakukan ini, kita akan mendapatkan beberapa fakta bahwa kita berbicara dengan perubahan pitch dan dinamika, ini menjadi unsur utama dalam pembicaraan manusia. Silakan bandingkan dengan sebuah kata yang diucapkan oleh suatu alat yang di program[Misalnya handphone yang bisa menyebutkan nama penelpon sesuai text nama yang dimasukan sebagai identitas], atau program – program lain yang serupa. Ucapannya akan terdengar datar dan tanpa penekanan di suku kata tertentu.

Dan hal ini juga berlaku untuk musik yang kita mainkan [dan bahkan musik yang kita program sekalipun]. Untuk membuat permainan kita lebih mempunyai makna, kita harus mengelompokkan tiap not dengan cermat, yang maksudnya, ada beberapa not yang lebih penting daripada not lainnya. Not inilah yang akan kita mainkan sedikit lebih kencang untuk membuatnya lebih terdengar menonjol dari yang lain [aksen/accent].

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s