Kebebasan Jari – Jari bagian 18 [Peregangan Jari]

Posted on Updated on

Stretching

Latihan kemarin bisa jadi cukup menyakitkan kalau kita belum terbiasa dan progresi fingerings tersebut baru pertama kali kita latih dan langsung kita paksakan hingga mencapai nut. Jadi tolong agar lebih berhati – hati dalam melakukan latihan kemarin agar menghindari cidera jari. Dalam bahasan peregangan pada contoh latihan kemarin, lokasi fretboard akan membantu kita memonitor perkembangan latihan ini. Fret akan berjarak semakin jauh semakin kita menuju arah nut, dan kita bisa tahu dimana batas kemampuan peregangan jari kita, dan di fret ke berapa kita merasa tidak nyaman dan mungkin malah sakit ketika melakukan peregangan.

Misalnya saja, kita bisa selalu dengan bersih memainkan latihan kemarin sampai dengan posisi ke 5 [Jari telunjuk berada di fret ke 5, penjelasan dan contoh tentang posisi fretting ada di Kebebasan Jari – Jari bagian 8]. Mungkin suatu hari kita berhasil melakukannya di posisi ke 4, tapi tidak bisa dengan nyaman dan bersih. Mungkin bahkan suatu hari kita bisa mencapai posisi ke 3 tapi kita merasa tidak akan pernah mencoba memainkannya dalam posisi itu, karena telah melebihi batas dan terasa cukup menyakitkan. Nah, analisis jangka pendek yang paling baik pada contoh data ini adalah, sebaiknya kita berusaha fokus pada posisi ke 4, berusaha melakukannya dengan nyaman dan bersih. Kesalahan analisis terbesar adalah untuk tetap melatih posisi ke 3, bahkan mencoba memaksakan meneruskan fretting sampai posisi pertama, yang tentu saja jika dipaksakan lama – lama akan mengakibatkan cidera otot permanen seperti tendonitis. Tolong berhati – hati dan bijaksana terhadap jari – jari kita.

Kita semua tahu kalau kita masing – masing punya ukuran tangan yang berbeda – beda, beberapa teman – teman mungkin akan melakukan latihan kemarin dengan lebih mudah daripada teman – teman lain yang berjari – jari lebih pendek, tapi ini tidak mempengaruhi fakta kalau semua orang bisa melatih memaksimalkan jangkauan jari – jarinya dengan metode latihan yang tepat. Siapa yang peduli kalau orang lain bisa melakukan peregangan, misalnya 3 fret lebih jauh dari kita? Memang jangkauan fretting yang lebih jauh memberikan banyak pilihan dan variasi dalam membangun voicing dan licks, tapi itu jelas bukan tujuan utama kenapa kita melatih latihan peregangan ini. Tujuannya adalah, kalau kita bisa meningkatkan jangkauan fretting kita, misalnya 1 fret dalam 3 bulan, maka kita mendapatkan banyak kemajuan dari situ, dan hal itu bisa segera terlihat pada kekuatan keseluruhan fretting kita, serta kecepatan dan akurasinya. Satu hal yang pasti, latihan – latihan pada tulisan tentang kebebasan jari – jari ini akan membantu kita untuk memainkan akord – akord yang susah dengan lebih nyaman dan alami.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s