Kapan Sebaiknya Seseorang Memulai Bermain Gitar?

Posted on Updated on

Gitar Anak - Anak

Bisa dibilang jawaban yang paling tepat dan cukup masuk akal adalah ketika orang tersebut punya cukup minat dan antusiasme untuk memainkannya. Jawaban ini tidaklah selalu berhubungan dengan umur, walaupun banyak kalangan menganjurkan kita melakukannya sejak usia sedini mungkin. Anjuran tersebut memang cukup beralasan karena waktu kanak – kanak adalah periode dalam hidup manusia yang ibarat kertas kosong siap diisi tulisan, sangat tepat untuk mempelajari dasar dari semua hal, termasuk dalam hal ini adalah dasar harmony musik dan memainkan instrument. Masa kanak – kanak juga telah diketahui punya daya tangkap yang lebih cepat dan kesiapan untuk menerima informasi lebih banyak daripada periode lain dalam hidup kita. Rasa penasaran yang besar pada masa kanak – kanak akan memungkinkan mereka untuk secara potensial berkembang dengan maksimal jika diberikan pelatihan yang sesuai dan materi yang cukup. Saya pribadi sebenarnya sangat terlambat sekali untuk berminat memulai bermain gitar [di umur sekitar akhir belasan/awal 20 an, berarti sekitar beberapa tahun yang lalu], dan jangan khawatir, ini bukanlah sesuatu yang perlu disesali atau disalahkan dalam hal bermusik [Saya ketika awal pertama kali memulai bermain gitar dulu berpikiran bahwa ketika pertumbuhan badan sudah cukup, berarti dalam hal anatomy tubuh telah siap untuk bermain instrument dengan skala asli yang lebih mudah didapatkan waktu itu, dan ketika itu pula lah saat yang tepat untuk memulai bermain]

Dukungan keluarga itu sangat penting sekali

Faktanya, pada usia kanak – kanak, memang kita mungkin cukup kurang dalam hal media belajar [metode dan instrument] yang sesuai dan ideal yang bisa didapatkan. Misalnya anak usia 3 tahun jelas tidak bisa memakai metode baku untuk usia remaja dan dewasa, dan demikian juga untuk instrumentnya [Sebuah Les Paul pada anak sekecil itu bukannya akan menyenangkannya, tapi malah akan menyiksanya] Mungkin memang kita tidak bisa mengharapkan hasil nyata yang cukup cepat dari kurangnya dukungan metode dan instrument yang ada dipasaran [sekarang sudah jauh lebih tersedia daripada beberapa tahun lalu]. Dan walaupun misalnya seorang anak memainkan akord D dengan kurang baik [apa yang bisa diharapkan dengan jari kecil dan gitar besar?], tetapi itu sudah jauh lebih baik baginya [dan dengan dukungan tubuhnya] untuk kelak berkembang menjadi musisi profesional di usia yang lebih awal. Mental anak akan terbiasa berpikir secara musical, dan tubuhnya [terutama jari dan tangannya] akan tumbuh dan beradaptasi dengan sedemikian rupa untuk mendukung proses bermain instrument [gitar, dll].

Dukungan keluarga juga sangat penting dalam hal ini, karena keluarga yang musical [baik praktisi musik ataupun musik antusias] akan memberikan dukungan yang terbaik untuk perkembangan kita.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s