Pengembangan Skalar Dari Pentatonic bagian 4

Posted on Updated on

Posisi 1

Contoh berikutnya dari konsep mengembangkan fingering skala pentatonic supaya harmonis dengan akord dominant 7th adalah dengan, tentu saja membuatnya menjadi skala major pentatonic. Yang perlu kita lakukan hanyalah menggeser diagram minor pentatonic pada artikel Pengembangan Skalar Dari Pentatonic bagian 1, sebesar 3 fret menurun [atau dengan kata lain, kita memulainya dari posisi ke 2 minor pentatonic dengan akar not pertama, yaitu not b3]. Untuk keterangan jelasnya silakan lihat persamaan diagram disini dengan artikel pertama kemarin.

Posisi 2

Sebuah bentuk fingering A minor pentatonic di fret ke 5 misalnya, bisa berubah menjadi fingering major pentatonic cukup dengan menggesernya ke fret ke 2. Salah satu kelebihan utama dari pendekatan ini adalah, kita sama sekali tidak perlu mengganti pola fingerings : formula yang sudah kita kenal baik 1 b3 4 5 b7 secara spontan berubah menjadi sebuah skala yang bernuansa major 1 2 3 5 6 dengan akar not yang sama. Tetapi walaupun nampaknya mudah, hal ini tetap saja memerlukan sedikit adaptasi dengan pola pikir kita ketika berimprovisasi, tentang bagian mana dari kedua skala ini yang berfungsi sebagai akar [root]. Sebagai catatan, not akar [root] adalah target not utama yang mengakhiri sebuah frase [kalimat atau lick] penting dalam improvisasi kita, jadi kita harus memperhatikan hal ini.

Posisi 3

Sebagai referensi, disini terdapat 5 buah diagram yang menggambarkan perubahan pola fingering dalam skala major pentatonic. Sebuah skala blues yang dikonversi dengan cara yang sama [menjadi major pentatonic dengan tambahan not b3 =  country blues scale] akan menghasilkan 6 not [hexatonic] yang sering dipakai oleh para pemain country dan bluegrass. Dan seperti  artikel sebelumnya, kita disarankan memainkan not b3 ini dengan hati – hati.

Posisi 4
Posisi 5

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s