Pengembangan Skalar Dari Pentatonic bagian 5 : Major Modes

Posted on Updated on

Posisi 1
Posisi 2
Posisi 3
Posisi 4
Posisi 5

Contoh selanjutnya dari konsep pengembangkan fingering skala pentatonic, setelah kemarin dikembangkan menjadi minor modes adalah, tentu saja kita punya 3 buah major modes yang bisa dipertimbangkan untuk dikembangkan dari pentatonic fingerings Untuk membuat major pentatonic menjadi mode Lydian, kita bisa menambahkan not #4 dan not 7. Untuk mode Ionian, tambahkan not 4 dan not 7, dan untuk mode Mixolydian silakan tambahkan not 4 dan not b7 [Sekedar pengingat lagi, angka – angka ini berarti diatonic interval].

Informasi tambahan not – not ada pada diagram diatas, adalah berupa versi major dari diagram kemarin [Pengembangan Skalar Dari Pentatonic bagian 5 : Minor Modes]. Diagram diatas menunjukan not – not dari skala pentatonic major di seluruh fingerboard [cukup 5 posisi saja, CAGED system], bersama – sama dengan tambahan masing – masing 2 not yang dibutuhkan untuk membentuk fingerings dari mode Lydian, Ionian atau Mixolydian.

Mungkin ada teman – teman yang menanyakan, bisakah fingering dasar dari pentatonic dikembangkan menjadi mode Locrian? Mode Locrian dibentuk berdasarkan diminished triad [1 – b3 – b5], jadi baik minor dan major pentatonic tidak bisa dikembangkan untuk membentuk fingering mode Locrian tanpa mengubah struktur interval dasar dari pentatonic itu sendiri :p Lagipula, mode Locrian umumnya kurang disukai sebagian improviser [terutama yang masih dalam tahap awal pengembangan] karena karakter bunyinya yang cenderung terdengar kurang ok. Jadi tenang saja, kita masih bisa berimprovising dengan cukup baik tanpa harus panjang lebar menganalisis mode ini.

Previous | Next

One thought on “Pengembangan Skalar Dari Pentatonic bagian 5 : Major Modes

    tata said:
    Juli 29, 2010 pukul 9:33 pm

    yang lain nya lagi seperti harmonic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s