Metode Latihan bagian 1

Posted on Updated on

Apakah kita telah duduk dengan nyaman?

Kebanyakan teman – teman pemain musik berlatih dengan cenderung melakukan pengulangan terhadap hal – hal yang sebenarnya telah mereka kuasai, yang tentu saja hal ini cenderung tidak efektif, memboroskan waktu dengan berputar di situ – situ saja tanpa bisa berkembang lebih jauh.

Konsep pandangan yang paling populer dari kata ‘latihan’ itu sendiri adalah bahwa untuk menjadi musisi yang lebih baik, kita harus meluangkan waktu untuk melatih suatu hal yang belum kita kuasai saat ini. Walaupun pada konsepnya ini adalah pandangan yang baik sekali, tetapi realitanya sebagian dari kita akan merasa kesulitan untuk mengatur semua rencana dan jadwal latihan [dan untuk disiplin secara rutin berlatih]. Kita bisa saja mempunyai semangat yang luar biasa untuk berlatih, tetapi seringkali yang terjadi adalah kita tidak yakin materi apa yang hendak mulai dilatih yang paling tepat untuk saat ini, dan kemungkinan juga kita akan mencoba melatih terlalu banyak hal dengan terlalu dini [tanpa pondasi yang benar – benar kokoh terhadap hal – hal yang seharusnya dikuasai terlebih dahulu]. Pendekatan terbaik dalam hal ini adalah dengan melihat proses belajar dan pengembangan musikalitas kita seperti perjalanan maju selangkah demi selangkah, dengan setiap langkah kita program untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang beberapa informasi baru, konsep baru, dan pengembangan teknik dari yang telah kita kuasai. Pendekatan ini akan membuat kita berkembang dengan kecepatan yang stabil, dan ketika setiap kali kita mau mempelajari ‘hal yang baru’, kita tidak akan memulainya dari nol karena kita telah menguasai beberapa hal yang dibutuhkan dengan dasar pondasi yang solid dan kuat.

Salah satu kesalahan terbesar bagi pemain yang terlalu bergantung pada text-book adalah mengukur secara kaku jadwal latihan dengan waktu dan beranggapan bahwa meluangkan semakin banyak waktu dalam latihan akan otomatis sebanding dengan kemajuan musikalitas kita. Pada kenyataanya, latihan yang efektif lebih bergantung pada faktor intensitasnya, jauh lebih baik untuk berlatih 30 menit sehari dengan fokus pada perbaikan dari kelemahan – kelemahan kita lalu secara bertahap menyempurnakannya, daripada memainkan gitar sambil nonton TV atau ngobrol selama 5 jam sehari misalnya.

Beberapa pihak memang menganjurkan metode ‘berlatih sambil menonton TV’ ini, namun kesalahan dalam memahami kegunaan dari masing – masing metode latihan tetaplah menjadi hal yang paling sering terjadi pada teman – teman, terutama yang berlatih secara otodidak [karena terbatasnya informasi]. Metode ini hanya berguna untuk melatih syaraf dan teknik motorik [eksekusi gerakan pengulangan, beberapa pihak menyebutnya dengan muscle memory atau ingatan otot], dimana kita bisa melakukannya sambil memikirkan hal lain [atau bahkan melamun :p] dan tetap bisa berlatih selama berjam – jam.

Namun lain halnya ketika kita sedang mengerjakan tugas pada kemampuan kognitif [pemahaman teori] seperti mengingat bentuk – bentuk akord progresi yang baru, atau menganalisa pilihan fingering dan voicing, kita akan membutuhkan fokus dan konsentrasi total. Konsentrasi intensif ini membutuhkan banyak energi. Kalau kita berhasil untuk fokus secara penuh dalam waktu lebih dari 30 menit saja tanpa teralihkan perhatian terhadap hal lain, maka itulah yang dimaksud latihan efektif di tulisan ini.

Previous | Next

3 thoughts on “Metode Latihan bagian 1

    PanduGus said:
    Agustus 25, 2010 pukul 8:57 am

    Setuju!
    Belajar sesuatu yg blom dikuasai🙂

    medicmusic said:
    September 16, 2010 pukul 11:25 pm

    artikel yang bagus…fingering sangat penting sewaktu memulai bermain gitar…
    nice work

      ditomusicman said:
      September 17, 2010 pukul 9:12 am

      Thanx Pak Dokter Bobby😉

      Ini ada beberapa tulisan tentang penyakit dan rasa sakit dalam developing guitar playing techniques, silakan dicek, mungkin ada beberapa hal yang bisa ditambahkan dari sudut pandang dunia medis oleh pakarnya langsung😀

      https://ditomusicman.wordpress.com/?s=sakit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s