Metode Latihan bagian 2

Posted on Updated on

Hampir tidak mungkin kita melatih setiap detil aspek dalam permainan gitar dalam setiap sesi latihan. Untuk benar – benar menghasilkan kemajuan latihan yang maksimal, kita harus fokus pada salah satu topik bahasan dalam tiap sesi, memisahkannya dari hal lain, lalu menggalinya dengan mendetail. Seperti kata Phil Hilborne – “Music’s like dinner – you do it a bite at a time”. Kita juga sebaiknya mempunyai mempunyai rencana tentang apa yang akan kita lakukan bahkan sebelum kita mulai memegang gitar, dan rencana itu haruslah cukup realistis dengan apa yang memungkinkan untuk kita capai dalam waktu yang tersedia untuk latihan.

Pada kebanyakan text book tentang practicing guitar method, umumnya dianjurkan angka ideal bagi kebanyakan orang, diharapkan kita bisa fokus penuh minimal antara sekitar 15 – 20 menit sebelum jeda sejenak, dan melatih beberapa menu materi bahasan yang cukup kontras setiap hari. Pilihlah durasi latihan yang cukup realistis dan bisa dilakukan dengan disiplin dalam jangka panjang, yang cukup nyaman dan menyenangkan. Indikasi tanda bahwa pilihan materi dan durasi latihan sudah cukup tepat bagi masing – masing gitaris adalah perasaan ketika kita meletakkan gitar, kita merasa mampu bermain dan memahami musik dengan sedikit lebih baik dari sebelumnya, dan bukan malah perasaan kecewa dan frustasi [seringkali disebabkan karena pemilihan materi latihan yang kurang realistis saat itu]. Durasi latihan yang lebih pendek dan intensitas fokus yang tinggi adalah metode latihan yang jauh lebih efektif dan telah dibuktikan oleh sebagian besar para gitaris di dunia, daripada metode kaku yang mengajarkan berlatih 8 jam sehari non-stop. Metode ini umumnya diajarkan di sekolah – sekolah musik karena umumnya para pelajar telah dibekali dasar teknik dan paradigma konsep latihan yang baik, sehingga metode ini tetap aplikatif dan bahkan sangat efektif. Tapi jika metode ini dilakukan oleh pelajar non-formal/minim teknik dasar dan kurang memahami paradigma latihan yang baik, maka sebaiknya pelajar perlu ekstra hati – hati karena akan lebih besar kemungkinannya pelajar bisa terkena RSI [Repetitive Strain Injury], cidera pada otot dan sistem syaraf yang seringkali disebabkan oleh beban kerja yang berlebihan pada otot dalam waktu lama dan berulang setiap hari atau juga karena posisi berlatih yang salah.

Well, bermain musik beserta proses latihannya itu seharusnya selalu fun, dan itu faktor yang utama diatas segala-galanya dalam bermain musik. Kalau kita punya motivasi yang amat sangat kuat sekali dan punya banyak energi untuk berlatih sampai 8 jam atau bahkan lebih setiap hari dengan intensif, fokus dan tetap fun, serta memahami konsep latihan yang baik, hal ini tentu tetap menjadi metode yang efektif, walaupun pada kenyataannya tidak banyak dari kita yang pernah menyentuh [bahkan mendekati] angka 8 jam sehari dengan benar – benar berlatih intensif dan ideal sesuai konsep.

Kemajuan maksimal dalam durasi minimal itu adalah harapan semua orang, tapi kesehatan adalah selalu diatas segala-galanya… Lalu berikutnya faktor fun juga.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s