Metode Latihan bagian 3

Posted on Updated on

Silakan nikmati perjalanan musik anda..

Proses latihan akan lebih terkonsep dan sistematis dengan disertai pembuatan catatan log dan pemetaan tentang target – target jangka pendek, menengah, dan jangka panjang [rujukan populer untuk teman – teman rocker bisa cek Rock Discipline, Wild Stringdom, dan artikel – artikel dari John Petrucci]. Lalu dari situ kita bisa melakukan review secara berkala [misalnya sebulan sekali] untuk memantau perkembangan kemampuan kita. Dengan cara ini, jika ada suatu materi bahasan yang terlewat [kemungkinan besar sight reading – membaca notasi partitur], kita bisa segera mengetahui dan memasukannya dalam menu latihan.

Kegiatan pembuatan catatan log dan review ini tidak melibatkan instrument sama sekali, dan kita bisa melakukannya dikala santai disela – sela sesi latihan atau gigs.

Kita juga sebaiknya sering – sering bermain dengan orang lain diantara sesi latihan kita, karena sering disebutkan bahwa satu jam bermain dengan orang lain setara dengan 10 jam di ruang latihan sendirian. Akan lebih baik lagi kalau orang lain itu sedikit lebih baik dan lebih berpengalaman dari kita. Hal ini akan membantu kita untuk fokus dan mengatur materi pembelajaran dengan lebih optimal dan objektif, karena dengan langsung bermain dengan orang lain, kita akan segera tahu mana yang harmonis, dan mana yang dissonant. Ini adalah cara yang telah terbukti efisien untuk menjadi pemain yang selalu berkembang.

Informasi ini tentu saja hanya berguna kalau dilakukan dengan konsisten dan disiplin. Belajar gitar adalah bukan tentang memasukan sebanyak – banyaknya informasi dan teori – teori kedalam pemahaman kita, tetapi lebih kepada bagaimana memaksimalkan secara kreatif dari hal – hal yang kita pahami dan kuasai sebagai musisi. Semakin banyak pengalaman kita di dunia musik, semakin paham kita tentang tak terbatasnya hal yang musik tawarkan kepada kita. Belajar musik adalah sebuah perjalanan tanpa henti, jadi silakan dinikmati saja prosesnya.

Untuk teman – teman yang hobi membaca, silakan cek rujukan – rujukan yang akan  menginspirasi ini  :

  • Effortless Mastery oleh Kenny Werner [Alfred 1996]
  • The Inner Game Of Music oleh Barry Green [Doubleday 1986]
  • Musical Excellence, a collection of essays outlining strategies and techniques to enhance performance, diedit oleh Aaron Williamson [Oxford Press 2004]

Previous | Next

2 thoughts on “Metode Latihan bagian 3

    duff said:
    November 18, 2011 pukul 8:43 pm

    ada link ebook buat rujukan diatas gag mas bro??? blognya bagus nih. kebetulan masalah terbesar saya adalah tentang perencanaan latihan. paling lama saya disipin mengikuti rencana yg saya buat hanya 1 minggu.😦

      ditomusicman said:
      November 18, 2011 pukul 11:29 pm

      Mohon maaf Mr. Dhafi, saya tidak punya link rujukan ebooknya, dan saya pikir sebagian besar temen2 pun bakalan malas untuk membacanya seandainya disodorin hard copynya [isinya cenderung lebih membahas tentang perspektif mental-psikologi dalam berlatih, menulis dan bermain musik daripada contoh2 etude, licks, theory, dll].

      Walaupun begitu, hal ini cukup penting untuk diketahui bagi temen2 yang serius dengan musiknya. Inti dari dari kesemuanya cukup mirip dengen artikel yang ditulis om Steve Vai di http://www.vai.com/martian-love-secrets/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s