Pendekatan Terhadap Teori bagian 1

Posted on Updated on

Ada cukup banyak pemain gitar yang akan berusaha menghindari aktivitas apapun yang melibatkan teori musik didalamnya. Mungkin hal ini disebabkan karena penyajian yang dingin dan kaku dari kebanyakan buku – buku teori [dan juga para guru] dalam memberikan penjelasan, atau mungkin juga disebabkan karena dasarnya kita lah yang lebih malas dari kebanyakan orang yang mempelajari instrument laen.

Sebuah pemahaman mendasar tentang teori musik akan memberikan kita banyak kemudahan – kemudahan dalam bermain musik, dan termasuk didalamnya berkomunikasi dengan lebih jelas dengan musisi lain. Mereka yang menguasai ini cenderung akan menemukan kemudahan dalam karir bermusiknya. Pemahaman terhadap teori juga membuat kita cukup mandiri secara mental dalam musik, karena didalamnya termasuk pemahaman dalam menganalisa dan pencarian solusi jawaban secara logis dari permasalahan – permasalahan yang timbul seiring perjalanan musikal kita.

Memahami tentang bagaimana keterkaitan hubungan antara skala [scale] dan akord – akord dan cara pemakaiannya akan banyak menghemat waktu kita, terutama dalam jangka panjang sebagai musisi. Kita bisa saja memilih untuk tidak perduli teori  – teori ini, dan experiment dengan membuat formula sendiri, tapi pada akhirnya sebenarnya kita akan menuju kepada suatu pemahaman yang relatif sama, tetapi dengan waktu yang jauh lebih lama daripada mengikuti formula baku umum yang sudah tersedia luas. Misalnya, kita sedang mencari atau membuat bagian harmoni untuk lagu baru kita. Kita bisa saja mencoba dengan secara acak membunyikan berbagai macam not, lalu mengingat – ingat mana yang terdengar harmonis, mana yang tidak, lalu memainkannya. Dengan pemahaman teori yang baik, kita bisa segera menganalisa dan menentukan suatu skala tertentu, dan memainkannya dengan harmonis secara langsung bahkan tanpa harus coba – coba dulu. Ini akan sangat terasa nyata sekali dibutuhkan ketika melakukan improvisasi. Contoh lain, misalnya ketika kita sedang men-transcribe [ngulik] sebuah licks baru dari sebuah lagu, dengan pemahaman teori yang baik akan memberikan kita alasan kenapa licks ini terdengar ok pada akord – akord tertentu, dan bahkan akan memberikan kita pilihan untuk memodifikasi licks tersebut untuk bisa terdengar ok  di akord – akord lain.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s