Pitch bagian 7

Posted on Updated on

Sight Reading

Tabel key signatures pada tulisan kemarin [Pitch bagian 6] disusun berdasarkan 2 buah pola yang penting dalam teori musik, yaitu circle of fifths dan circle of fourths. Pada kolom sebelah kiri adalah circle of fifths, dan kolom sebelah kanan adalah circle of fourths. Pola ini menempatkan kunci tertentu secara berdekatan berdasarkan persamaan susunan not – not didalam key, misalnya perbedaan dari kunci G dengan kunci C dan D adalah masing – masing berbeda sebuah not kres [sharp].

Lalu misalnya ketika kita melihat sebuah musik ditulis pada kunci A mayor, kita akan melihat 3 buah tanda kres setelah simbol treble clef. Ini berarti bahwa setiap kali kita melihat not F, atau C, atau G, dalam oktaf manapun, kita harus secara otomatis memainkan F#, atau C#, atau A#, kecuali disebelahnya terdapat simbol natural [pugar, ♮].

Ini adalah hal – hal dasar yang kita butuhkan untuk mencari not pada fretboard dalam sight reading. Umumnya pendekatan terbaik adalah dengan memastikan kunci dari musik yang hendak kita mainkan, lalu menentukan fingering yang sesuai untuk kunci tersebut, lalu mencari not – not nya naik turun pada bentuk fingering yang telah ditentukan, daripada menyusahkan diri dengan memberi nama masing – masing not satu demi satu. Terdapat banyak sumber untuk melatih hal ini, biasanya berbentuk partitur yang disertai tablature nya. Contoh untuk melatih kelancaran dalam hal ini adalah, ketika kita telah berhasil memainkan sebagian dari not – not yang tertulis, kita bisa mencoba melakukan fingering ulang dari not – not yang sama pada bagian lain dalam fretboard, dan hal ini memang akan membutuhkan sedikit latihan. Kalau kita meluangkan sedikit waktu untuk melatih kemampuan ini, kita akan segera merasa bahwa notasi musik partitur akan lebih berguna daripada tablature. Tablature hanya memberi daftar lokasi yang harus dibunyikan, sementara belum tentu lokasi itu nyaman untuk kita mainkan, sedangkan stave partitur memberikan arti sesungguhnya dari tiap not yang ada sekaligus memberi kita kebebasan untuk menentukan fingering yang paling sesuai dengan kita.

 

 

 

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s