Rhythm bagian 1

Posted on Updated on

Kelebihan lain system partitur daripada tablature adalah adanya petunjuk ritmis dari setiap notes dan juga rest. Walaupun ada metode tablature yang menyertakan simbol batang plus bendera nya sebagai petunjuk ritmis dari notes, tetapi sejauh ini saya belum menemukan penerapan ritmis untuk simbol restnya. Ketika kita melakukan ketukan dengan kaki sesuai tempo dari sebuah lagu, kita sebenarnya sedang menandai ketukan utama dari lagu tersebut, dan kita biasanya dapat mendengar bahwa tiap beberapa ketukan, sebuah keseluruhan pola ritmik [bar] cenderung dimainkan secara berulang – ulang. Jumlah ketukan dalam sebuah bar ditentukan oleh time signature, yang terdapat di permulaan stave, ditulis setelah clef dan key signature. Diseluruh notasi musik, pada deretan stave akan terdapat beberapa garis – garis vertikal [barlines] yang membagi musik menjadi beberapa bagian lokasi bar.

Durasi dari setiap bar adalah umumnya sama, walaupun kita akan sering melihat bahwa penulisan pada stave, ada bar yang panjang dan pendek, itu hanya menyesuaikan jumlah not yang terdapat dalam tiap bar. Durasi dari bar dipengaruhi perubahan tempo lagu dan time signatures, perubahan kedua hal ini dalam sebuah lagu cukup lazim pada musik klasik, progresif dan fusion.

Time signatures ditulis dengan dua angka, satu diatas dan satu dibawah, mirip seperti simbol pembagian pada operasi matematika. Angka diatas menentukan feel ritmis, dan angka di bawah menentukan bagaimana ketukan dituliskan. Dalam definisi baku yang lebih banyak digunakan dan mungkin juga lebih mudah dipahami, angka diatas adalah jumlah ketukan dalam setiap bar, dan angka dibawah adalah referensi dari nilai not yang menentukan setiap ketukan.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s