Rhythm bagian 6

Posted on Updated on

Secara teori, grace note itu tidak punya durasi sama sekali, dimainkan sekejap saja menuju not yang berukuran penuh yang mengikutinya. Dalam dunia gitar, umumnya ini berarti  dilakukan dengan memetik grace note lalu melakukan salah satu diantara 3 pilihan yaitu hammer, atau slide atau bending [termasuk pull up tremolo bridge] menuju not utama.

Untuk memainkan tied notes [not – not yang tersambung atau terikat], kita memetik not pertama dan membiarkannya berbunyi sampai dengan durasi total dari not- not yang tersambung. Pada contoh tulisan kemarin [cek Rhythm bagian 5], terdapat 2 buah tied notes, yang durasinya satu ketuk dan setengah ketuk = satu setengah ketuk [cek buku matematika kelas 1 atau 2 SD].

Lalu dotted note, yaitu not yang bertanda titik setelah kepala notnya, simbol ini menandakan durasi not yang dimainkan ditambahkan sebesar 50%, jadi kalau not seperempat berdurasi 1 ketuk, maka not seperempat bertitik akan berdurasi 1.5 ketuk. Terkadang kita akan menjumpai terdapat 2 buah titik berurutan setelah kepala not atau bahkan lebih. ini berarti kita akan menambahkan setengah dari harga titik sebelumnya. Pada not seperempat, menambahkan 2 buah titik berarti kita akan menambahkan durasi 3/4 ketuk [1/2 + 1/4, atau 2/4 + 1/4 ]. Kalau kita menambahkan 3 buah titik, berarti durasi akan ditambahkan sebesar 7/8 ketuk [1/2 + 1/4 + 1/8, atau 4/8 + 2/8 + 1/8], dan seterusnya.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s