Rhythm bagian 13 & Paradigma Belajar

Posted on Updated on

Musik industri adalah sebuah bisnis yang cukup aneh dan agak tidak masuk akal. Karena berbagai faktor, umumnya kemampuan musical seorang musisi tidak selalu berbanding lurus dengan penghasilan yang layak diterima jika dibandingkan dengan dunia kerja konvensional. Tidak terdapat tabel skema umum antara perbandingan kemampuan musical dengan besarnya penghasilan.

Kalau niat besar kita dalam mempelajari musik adalah untuk mengharapkan hasil materi yang besar darinya, maka sebagian dari kita harus bersiap untuk kecewa. Mau sampai dimanapun pemahaman dan kemampuan kita terhadap musik, musik tidak akan pernah berhutang apapun pada kita. Musik adalah bunyi yang teratur, dan kalau dengan memahaminya membuat kita senang, itu sudah cukup. Kita mempelajari musik karena kita menyukainya, dan kita harus melakukannya karena tidak bisa membayangkan kalau hidup tanpa ada musik. Dengan paradigma ini, kita tidak akan pernah dikecewakan oleh musik. Sedangkan untuk menghasilkan materi yang besar dari musik, dibutuhkan kombinasi dari berbagai macam faktor, diantaranya yang paling penting adalah pemahaman tentang bisnis di musik industri, dan juga mungkin elemen keberuntungan ikut berperan.

Quote dari Steve Swallow, seorang bassist yang bermain dengan Pat Metheny : “If you want to be a musician as a career, don’t do it. But if you have to be a musician, it’s the best job in the world.”

Kembali ke rea..  ding.

Apakah kita benar – benar harus bisa sight reading? Well, kalau tujuan kita dari belajar musik adalah untuk sekedar hobi, atau mungkin untuk mencari popularitas, kita akan sepakat untuk bisa menjawab tidak. Dan memang faktanya sebagian populasi dari musisi profesional kurang tertarik mempelajari sight reading, selain itu memang sight reading bukanlah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjadi musisi profesional.

Walaupun demikian, dengan memahami dasar – dasar dari notasi musik akan membuka beberapa peluang baru untuk berkembang, misalnya kita bisa mempelajari jalur notasi pada instrument  – instrument lain yang bisa membuat jalur permainan kita lebih kaya warna [silakan coba contek phrasing dari biola dan saxophone]. Memahami notasi juga akan mempermudah komunikasi antar musisi, dan sebagai medium untuk transfer ide dan ilmu.

Memahami notasi juga membuat kita lebih berharga dalam berkarir sebagai musisi [analogi : tiap perusahaan mengutamakan pegawai yang memahami apa yang harus dilakukan, serta mampu baca tulis]. Mungkin kadang – kadang ada beberapa orang yang akan berkomentar miring tentang sight reading : “payah, nggak keren, kurang rock n roll” dll, tetapi seringkali ini hanyalah perasaan yang terdapat pada orang – orang yang tidak menguasainya. Kemampuan memahami notasi musik jelas – jelas akan membantu pertumbuhan kita sebagai gitaris dan musisi, jadi jangan biarkan komentar orang mengganggunya.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s