Hubungan Akord dan Skala bagian 1

Posted on Updated on

Awal yang paling tepat untuk membahas hubungan keduanya adalah dengan merujuk kepada skala yang paling penting yang terdapat pada teori musik : major scale [skala mayor]. Skala ini dimulai dengan root note [akar not], sebuah not yang bernama sama dengan nama skala nya [misalnya, root note dari skala G major tentu saja berupa not G].

Setelah ditentukan root note nya, maka not – not selanjutnya yang terdapat pada skala akan ditentukan dengan memindahkan root note tadi dalam sebuah pola, yang terdiri dari kombinasi semitones [jarak antara not diantara fret yang bersebelahan] dan tones [jarak antara 2 semitones]. Contoh untuk C major scale:

C – D – E – F – G – A – B – C

Dari contoh diatas, bisa dilihat kalau pola skala major scale adalah T – T – S – T – T – T – S [T = Tone, S = Semitone], dan terus berulang. Jarak antara not C dengan C berikutnya dinamakan octave [oktaf]. Secara teori, kita bisa memperpanjang pola ini sesukanya tetapi masih terbatas hanya pada not – not didalam skala [C, D, E, F, G, A, dan B]. Jadi sebenarnya informasi penting tentang pola jarak dalam skala telah bisa kita dapatkan hanya dalam 1 oktaf saja, dan untuk tujuan pembahasan teori, seringkali not – not tersebut diwakili dengan angka 1 sampai 7, juga sering dilafalkan dengan do re mi fa so la ti [solfeggio dalam subject sight singing]. Seperti yang kita lihat, skala C mayor tidak mempunya not – not dengan atribut accidental, tetapi apa yang terjadi kalau kita memulai skala ini, misalnya dari G#? Kita akan mendapatkan skala ini :

G# – A# – B# – C# – D# – E# – Fx – G#

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s