Hubungan Akord dan Skala bagian 7

Posted on Updated on

Emosi dari para akord

Sejauh ini akord yang paling dikenal oleh kebanyakan orang adalah major dan minor triads, karena mereka menghasilkan bunyi yang terdengar stabil. Seperti yang kita semua tahu, umumnya akord mayor digunakan untuk menyatakan bunyi yang bernuansa riang, bahagia, cerah sementara akord minor untuk bunyi yang bernuansa sedih, mendung, dsb.

Nah, dengan fakta itu serta sedikit analisis harmoni dari tulisan kemarin [Hubungan Akord dan Skala bagian 6], bisa ditarik kesimpulan kalau mood dan nuansa dari sebuah akord ditentukan dari not ke 3 dari skala, dan ini juga sekaligus menjadi alasan kenapa akord sus2 dan sus4 cenderung terdengar cukup kabur dan tersamar dalam hal mood dan nuansa bagi kebanyakan orang. Kedua akord ini berada di perbatasan antara nuansa riang dan sedih dengan menghindari kemunculan not ke 3. Hasilnya bisa coba kita dengar sendiri, ada semacam nuansa penekanan tertentu dari karakter bunyinya, dan apabila misalnya kita memainkan sus4 yang diikuti dengan triad mayor atau minor, kita akan mendengarkan nuansa tekanan [tension] yang kemudian disalurkan dengan baik [release].

Sementara akord diminished dan augmented triads cenderung terdengar cukup aneh. Tapi ini bukan berarti kedua akord ini tidak beguna, walaupun mereka umumnya tidak akan muncul sebagai akord pertama dalam sebuah lagu [silakan coba sendiri menulis lagu atau progresi akord dengan awal akord Gdim atau Faug, pasti kita akan segera tahu bahwa itu bukan ide yang cukup baik untuk mengawali sebuah lagu]. Kedua jenis triad ini akan berfungsi dengan efektif apabila kita menggunakannya dengan dosis kecil, dan ditempatkan diantara 2 akord yang berbunyi lebih stabil.

Previous | Next

One thought on “Hubungan Akord dan Skala bagian 7

    nurma yunitasari said:
    Juli 18, 2011 pukul 1:18 am

    owh ………………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s