Hubungan Akord dan Skala bagian 9

Posted on Updated on

Seperti yang kita lihat pada tulisan kemarin [Hubungan Akord dan Skala bagian 8], terdapat contoh yang skala harmoni terdiri dari mayor, minor dan diminished triad, yang ditentukan dari pembagian interval didalam skala. Pola kemunculan tipe – tipe akord ini tetaplah sama dalam semua skala mayor, sehingga kita bisa membuat formula umum yang berlaku di semua kunci :

I       ii [m]       iii [m]       IV       V       vi [m]       vii [dim]

Formula diatas dibuat dengan mengganti nama akord [hurufnya] dengan angka Romawi [huruf besar untuk triad yang menggunakan major thirds, dan huruf kecil untuk triad yang menggunakan minor atau diminished thirds]. Dalam teori klasik, I, IV, dan V [mayor] terkadang disebut sebagai primary chords, lalu ii, iii, vi [minor] disebut sebagai secondary chords, dan vii [diminished] sebagai tertiary chord.

Sistem penamaan dengan angka Romawi ini terkadang juga disebut sebagai ‘Nashville numbers‘, yang merujuk pada industri musik country yang terkenal. Pada jaman dahulu [dan sampai dengan sekarang], para session players seringkali dihadapkan pada situasi dimana kunci dari lagu diganti dengan pemberitahuan yang sangat singkat, sesaat sebelum lagu dimainkan. Hal ini umumnya dilakukan untuk menyesuaikan jangkauan nada dari vocalist agar bisa bermain dengan lebih nyaman. Solusi terbaik dari masalah ini adalah dengan menuliskan progresi akord dengan angka – angka Romawi sehingga bisa segera dimainkan pada kunci apapun. Pada waktu acara jam session, terkadang kita melihat seorang musisi yang memberi tanda pada temannya, misalnya dengan mengacungkan 4 jari, yang mungkin berarti ‘akord ke 4’ atau ‘transpose naik ke interval ke 4′. Cara ini lebih bisa diandalkan daripada mencoba meneriakkan nama akordnya saat drummer sedang asik semangat memukuli mainannya.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s