Hubungan Akord dan Skala bagian 11

Posted on Updated on

Silakan coba konsep progresi ini : 3 akord diatonik, lalu sebuah akord non diatonik

Pada kunci manapun [termasuk Bb dan Eb yang kurang populer pada gitar], akord – akord yang dibuat dengan kerangka harmoni yang tepat dari skala mayor cenderung berbunyi bagus ketika digunakan bersama – sama dalam sebuah pergerakan progresi. Diantara pergerakan progresi akord yang berulang kali sering muncul dalam musik pop adalah :

  • I – IV – V [progresi paling umum dalam musik blues, country dan rock, contohnya : Sebagian besar lagu country, Summertime Blues, Love Me Do, Wild Thing, Louie Louie, Hang On Sloppy, dan Rock n Roll nya Led Zeppelin, dan lain – lain. O iya, tentu saja termasuk La Bamba..]
  • ii – V – I [progresi paling umum dalam musik jazz, contohnya : Autumn Leaves, Fly Me To The Moon, I’ve Got You Under My Skin, I Will Survive, dan lain – lain.
  • I – vi – ii – V [contohnya : Summer Holiday, L.O.V.E., Blue Moon, dan lain – lain]
  • I – ii – iii – IV – V [contohnya : Like A Rolling Stone, dan lain – lain]

Nah, sekarang giliran kita untuk menggunakan informasi yang didapatkan dari blog ini untuk memulai membuat lagu sendiri. Silakan pilih sebuah skala dan gunakan akord – akord diatonik didalamnya. Kita dapat menuliskan akord – akordnya dengan sistem Nashville numbers lalu kemudian kita dapat men-transpose progresi akordnya ke berbagai macam kunci. Mungkin kita juga ingin bereksperiment dengan menambahkan beberapa akord non diatonis untuk menambahkan faktor kejutan dalam progresinya? Faktor kejutan ini cukup penting untuk menambah karakter ditengah menjamurnya musik – musik main aman yang membosankan dengan konsep kejar setoran seperti yang sedang menjadi trend di dunia musik industri Indonesia saat ini. Contohnya : Kita bisa memasukkan akord #Vm [akord # kelima minor], misalnya D#m dalam kunci G. Dengan menggunakan konsep tertentu misalnya ‘3 buah akord diatonis lalu 1 buah akord non diatonis’ akan memberikan kita sebuah progresi dan riff yang sepintas terdengar bernuansa seperti karakter lagu Nirvana. Silakan dicoba.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s