Hubungan Akord dan Skala bagian 16 [Speed & Harmony]

Posted on Updated on

Greg Howe

Manakah yang lebih kita sukai, solo dari ‘Hotel California’ nya The Eagles, atau solo dari ‘Trilogy Suite’ nya Yngwie Malmsteen? Keseimbangan dalam penggunaan not – not dari sebuah skala dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu seberapa cepat permainan kita, dan seberapa cepat akord – akord progresinya berubah.  Bisa dibilang hampir semua orang akan setuju kalau solo dari ‘Hotel California’ lebih mudah diingat dan dimainkan [tentu saja, juga lebih memungkinkan untuk dinyanyikan] karena setiap not nya telah dipilih secara teliti untuk melengkapi harmoni dari progresi akord – akordnya. Sementara solo dari ‘Trilogy Suite’ mungkin memang tidak punya kualitas melodik sebaik ‘Hotel California’, tetapi tidak diragukan menawarkan penyampaian ekspresi energi yang lebih tinggi yang disebabkan banyaknya jumlah not yang dimainkan.

Dari perbandingan tadi, bisa disimpulkan kalau kita cenderung akan susah bermain melodik yang mudah diingat ketika bermain dengan kecepatan tinggi, karena terlalu banyak informasi [not – not yang dimainkan] untuk diterima pendengar, mereka akan cenderung mendengarkan deretan not – not itu sebagai kontur dari sebuah licks, bukan dari masing – masing not. Namun demikian, kalau kita memelankan solo nya Yngwie, kita akan menemukan bahwa walaupun solonya didominasi oleh not – not dalam skala – skala yang dimainkan dengan cepat, tetapi masih tetap terdengar musical karena deretan not – not yang amat banyak itu diawali dan diakhiri oleh not yang harmonis.

Bermain cepat bukanlah hal yang paling penting dalam bermain gitar, atau musik pada umumnya, walaupun topik ini salah satu yang paling sering dibahas diantara para gitaris. Inti dari sebuah wawancara dengan Greg Howe, seorang improviser rock – fusion yang sering bermain dengan rumit dan cepat, menyebutkan bahwa musik dan improvisasi yang umumnya paling bisa dinikmati oleh sebagian besar orang adalah kombinasi dari berbagai kutub yang saling berlawanan dan saling kontras, alias berdinamika. Hal ini bisa berarti banyak hal dalam sebuah musik, diantaranya bermain lembut vs keras, dalam rhythm vs keluar rhythm, not tinggi vs not rendah, dalam harmony vs keluar harmony, dan tentu saja termasuk bermain pelan vs bermain kencang, dll. Dalam hal ini beliau mengatakan, dalam improvisasi, kecepatan hanyalah salah satu alat untuk menyampaikan ekspresi, tidak perlu dihitung sampai pada jumlah not per ketukan atau jumlah not yang dimainkan dalam sedetik.

Kalau teman – teman berniat serius tentang hal ini, ada baiknya secara bertahap mengetahui apa yang para jazzer ketahui. Bagi teman – teman yang belum terlalu mengenal jazz, mari saya kenalkan. Jazz adalah salah satu bentuk dari musik yang menempatkan keutamaan dan penekanan tertentu pada perubahan akord – akord. Ketika kita menghadapi harmony yang ditakuti bagi sebagian besar improviser seperti misalnya ‘Giant Steps’ nya John Coltrane, kita harus bermain pada kerangka 2 akord setiap bar dalam kecepatan tinggi. Kita tidak bisa menggunakan jalan pintas dengan bermain hanya menggunakan sebuah skala sepanjang progresi, karena akord – akord dalam lagunya diambil dari beberapa skala. Salah satu cara yang relatif paling mudah untuk bermain dalam ‘Giant Steps’ dengan permainan yang masih terdengar musical adalah dengan hampir sepenuhnya fokus pada chord tones. Di sisi lain, ada lagu seperti misalnya ‘Impressions’ yang juga dari John Coltrane, hanya menggunakan 2 akord dengan jarak perubahan yang jauh lebih santai. Dalam kesempatan ini, kita bisa punya cukup waktu untuk bereksplorasi memainkan semua not – not dalam setiap skala, dan bisa bereksperiment menggunakan banyak contoh – contoh ide tentang dinamika diatas.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s