CAGED System bagian 6

Posted on Updated on

Jimmy Bruno "When I look at it, I see pictures and I know what they sound like."

Kemampuan seseorang dalam bermain gitar sangat dipengaruhi oleh perspektifnya terhadap fretboard [“It’s all pictures” – Jimmy Bruno]. Dari segi permainan akord, manfaat dari memahami CAGED  System bisa langsung dirasakan mempermudah kita dalam memainkan semua akord dan inversi – inversi nya yang tersebar di berbagai lokasi di fretboard. Tetapi manfaatnya sebenarnya tidak hanya itu, dari segi permainan solo juga akan banyak terbantu oleh penguasaan CAGED System ini dengan memberikan informasi letak para chord tones, sehingga dengan melakukan superimposing bentuk – bentuk ini diatas skala – skala, dan melakukan penekanan pada para chord tones, kita bisa bermain lebih melodik, daripada cuma hanya mengandalkan skala saja.

Bentuk – bentuk fingering minor pada tulisan kemarin [CAGED System bagian 5] pada dasarnya sama persis dengan bentuk bentuk mayor [CAGED System bagian 1], dengan not ke 3 yang diturunkan 1/2 [formula akord triad minor = 1 – b3 – 5. Silakan cek Hubungan Akord dan Skala bagian 6].  Pada versi minornya memang ada sedikit penyesuaiain fingering pada bentuk C dan G karena keterbatasan kemampuan jari kita [versi mayor dari 2 bentuk ini menggunakan barring, sehingga mampu membunyikan lebih banyak not].

Manfaat dari menguasai CAGED System dalam melakukan permainan solo akan lebih jelas dipahami ketika kita menerapkannya dalam skala yang paling terkenal dalam dunia gitar rock : pentatonik minor.

Bersambung..

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s