Seventh Chords bagian 2 [Nuansa Akord]

Posted on Updated on

Δ7, m7, 7, dan m7b5

Seperti triad, tiap jenis seventh chords juga mempunyai karakter masing – masing, dan karakter akord – akord ini tidak cuma ditentukan dari interval 3rd nya [silakan cek Hubungan Akord dan Skala bagian 7] karena interval ke 7 juga ikut berperan dalam membentuk nuansa bunyi keseluruhan dari akord. Mungkin karena alasan inilah mereka sering digunakan sebagai pengganti, versi yang ‘terdengar lebih mahal’ daripada triad.

  • Akord major seventh terdengar bernuansa cerah yang elegan dan manis, sering digunakan dalam soundtrack film [kemungkinan besar bukan pas adegan nangis – nangis atau pas ritual memanggil setan ya..]. Pada CΔ7, dengan analisis harmony yang mempunyai not – not penyusun C – E – G dan B, mungkin kita awalnya akan menyangka not B akan berbunyi konflik dengan not C [karena mereka hanya berjarak 1/2], tetapi kenyataanya malah memberi karakter tambahan pada nuansa major triad menjadi terdengar lebih elegan dan sweet.
  • Akord dominant seventh, seringkali disebut hanya dengan ‘akord seventh’ atau ‘seventh chords‘, akan terdengar sedikit cukup riang [ada major 3rd disana], tetapi juga terdapat nuansa tekanan [tension], serasa kita diseret untuk memainkan akord mayor 5 fret diatasnya [interval 4th yang lebih tinggi]. Kalau kita mengukur jarak antara interval ke 3 dan b7 pada akord ini, kita akan tahu darimana tekanan [tension] itu berasal.
  • Akord minor seventh pada dasarnya menawarkan versi yang sedikit lebih jazzy dan canggih dari nuansa sedih minor triad. Akord ini terdengar cukup stabil, jadi kita bisa ngejam hanya dengan menggunakan akord ini berlama – lama tanpa khawatir dilempar botol kosong [dipanggung] atau diomelin tetangga [dirumah].
  • Akord half-diminished [m7b5] adalah akord yang paling jarang digunakan dibandingkan ketiga akord diatas [tetapi hampir bisa dipastikan selalu muncul dalam lagu – lagu jazz standard]. Karakternya bernuansa tekanan dan sedih, jadi sedikit lebih parah dari dominant seventh. Tension pada akord ini juga akan terdengar serasa kita diseret untuk memainkan akord minor 5 fret diatasnya [interval 4th yang lebih tinggi].

Kita harus mencoba membunyikan masing – masing dari mereka untuk mengetahui karakternya. Fingerings pada tulisan sebelumnya [Seventh Chords bagian 1]  memang bisa dipastikan sangat tidak praktis [tetapi tetep nekat sengaja ditulis begitu, ceritanya untuk visualisasi perbandingan dengan versi triad, yang masih dalam 1 oktav]. Fingerings versi praktis yang berdasarkan CAGED system nanti segera menyusul.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s