Seventh Chords bagian 3

Posted on Updated on

Gary Moore

Untuk lebih memahami seventh chords pada situasi musical sebenarnya, kita bisa mencoba memainkan progresi akord berikut ini. Bagi teman – teman yang telah memahami CAGED system, progresi ini bisa juga digunakan untuk melatih positional playing dengan bertahan hanya menggunakan 1 posisi di sepanjang progresi [ada total 5 posisi yang bisa dilatih]. Bagi teman – teman yang belum memahami CAGED system bisa menggunakan fingerings akord – akord yang telah dikuasai dan memindahkan posisi sesuai progresi, sambil baca – baca tulisan – tulisan sebelumnya tentang CAGED system.

Dm7 – G7 – CMaj7 – FMaj7 – Bm7b5 – Em7 – Am7 – Am7

Ini adalah progresi yang diambil dari skala harmoni seventh chords, disusun berdasarkan interval diatonik ke 4 [fourth]. Untuk tambahan menu latihan, kita bisa menggunakan kunci lain [ada total 12 kunci, contoh diatas menggunakan kunci C mayor].

Ketika memainkannya, progresi ini sekilas seperti sering terdengar pada lagu – lagu balladnya Gary Moore. Kita juga bisa mengubah akord Am7 terakhir menjadi A7 untuk tambahan tension [tenang, akord pertama Dm7 akan jadi release yang ok]. Lalu kemudian, setelah diubah, dengan sedikit modifikasi tambahan pada pola strumming [genjrengan], masih dengan sisa akord progresi yang sama kita bisa memainkan lagu disko klasik ‘I Will Survive’.

Kalau kita sudah cukup bosan dengan alur akord – akord diatonik yang mudah ditebak, setelah mengubah akord Am7 terakhir menjadi A7 [sudah bukan diatonik di C mayor lagi], kita juga bisa mengganti Em7 menjadi E7 dengan alasan tambahan tension [lagi, karena jika terlalu panjang urutan akord stabil dalam progresi bisa berpeluang membuat penonton dan pemain ngantuk, jadi sedikit kejutan akan cukup ok]. Saat akord dominant diikuti akord minor, ini berarti mengindikasikan progresi sedang berada di kunci minor [dalam contoh E7 ke Am7 berarti progresi berada dalam kunci A minor]. Untuk memahami lebih lanjut tentang hal ini, kita bisa menggunakan pendekatan skala harmonic dan melodic minor. Tentang hal ini nanti rencana akan dibahas di kesempatan mendatang.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s