Relative Minor bagian 1

Posted on Updated on

C mayor = A minor

Setelah tugas yang berat tentang fingerings arpeggio semua triad dan akord 7 [seventh chords] dari CAGED System, sekarang saatnya sedikit membahas tentang penerapan dari semua konsep CAGED System yang telah dibahas sebelumnya, dalam progresi blues minor [progresi yang santai dan ringan, cocok untuk contoh penerapan]. Dan contoh yang paling asik dan santai tentu saja di kunci C [atau A minor, relative nya]. Pada blues minor dengan formula progresi yang terdiri dari Im, IVm, dan Vm, kita bisa dapatkan progresi yang berisi akord Am, Dm, Em. Dari tulisan sebelumnya tentang formula akord, kita bisa mengambil kesimpulan :

  • Akord A minor terdiri dari A, C dan E
  • Akord D minor terdiri dari D, F dan A
  • Akord E minor terdiri dari E, G dan B

Kalau kita mencampurkan not – not penyusun itu dan mengurutkannya, kita akan mendapatkan skala A diatonik minor [atau natural minor] :

1 – 2 – b3 – 4 – 5 – b6 – b7

A – B –  C  – D – E –  F  –  G

Skala ini terdiri dari semua not dari skala A pentatonik minor, dengan 2 not tambahan, yaitu not ke 2 dan b6. Kalau dibandingkan dengan pentatonik minor, skala ini memberikan kita cukup not untuk memainkan semua chord tones dari semua akord didalam progresi blues minor tadi. Tetapi kalau dilihat dari perspektif permainan blues, kita disarankan untuk tetap menggunakan skala anhemitonic pentatonik kemarin sebagai kerangka utama fingerings, dan memperlakukan 2 not tambahan ini sebagai tambahan hiasan [atau back up].

Bersambung..

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s