Modes bagian 1

Posted on Updated on

Mood

Setelah konsep pembentukan skala natural minor dengan perspektif menggunakan skala mayor, lalu menggunakan not ke 6 sebagai akar not [root], tulisan selanjutnya akan membahas lebih lanjut tentang kemungkinan penggunaan not – not lain dalam skala sebagai akar not [root]. Dengan penggunaan skala yang berisi not – not yang sama persis, mereka mempunyai daftar tertiary chords yang juga sama persis [misalnya skala A natural minor yang sama dengan C mayor, dalam sistem tertiary chords akan terdiri dari akord – akord berikut : CMaj7, Dm7, Em7, FMaj7, G7, Am7, dan Bm7b5. Perbedaanya hanyalah daftar not – not dalam skala itu akan berfungsi sebagai skala C mayor pada lagu dengan kunci dasar C mayor, dan akan berfungsi sebagai skala A natural minor pada lagu dengan kunci dasar A minor].

Kemudian setelah menggunakan kedua not tersebut sebagai akar not [root], kita sebenarnya juga bisa memperlakukan salah satu not dari ke 7 not dalam skala itu sebagai not akar [root], dan subject ini akan membawa kita pada wilayah yang banyak ditakuti sebagian besar improviser pemula : Modes. Diantara teman – teman kita, banyak sekali kita temui para pemain yang masih kebingungan dengan konsep modes ini, padahal sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Salah satu eksplorasi sederhana untuk membuka pandangan tentang modes sebenarnya telah sedikit dibahas pada bagian awal tulisan sebelumnya : Relative Minor bagian 3. Dari tulisan sebelumnya, kita telah mengetahui bagaimana cara instan membuat skala natural minor di semua kunci dengan menggunakan skala mayor, 3 fret lebih tinggi dari akar not [root] nya, dan memulai skala dari not ke 6. Langkah berikutnya pada bahasan modes adalah, kita cukup bereksplorasi dengan apa yang akan kita dengar ketika kita memulai dari not lain dalam skala [bukan 1 yang berarti skala mayor, dan 6 yang berarti skala natural minor]. Seperti halnya skala mayor yang terdengar riang, dan relative nya skala natural minor yang terdengar sedih, modes lain juga akan mempunya mood yang berbeda [bukan kebetulan kata mood dan mode terdengar mirip!].

Bersambung..

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s