Modes bagian 3

Posted on Updated on

Dorian
Phrygian
Aeolian

Pada perbandingan fingerings dari 3 mode minor pada posisi E diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa tiap fingeringsnya tidak hanya mempunyai posisi not pertama, minor ketiga [b3rd], kelima dan minor ketujuh [b7th] yang sama persis [chord tones], tetapi not ke 4 nya juga ternyata sama [bulatan berwarna biru, hijau dan coklat merupakan root dari Dorian, Phrygian dan Aeolian, sementara bulatan merah adalah root skala mayor asal dari tiap modes] . Dengan demikian perbedaan rasa minor dari 3 modes ini ditentukan dari not ke 2 dan ke 6 nya. Fingerings posisi E diatas masing – masing bisa jadi acuan untuk mencari 4 posisi lainnya, silakan teman – teman explore sendiri berdasarkan CAGED system yang sudah diperkenalkan pada tulisan  – tulisan sebelumnya.

Pendekatan modes dengan cara pintas seperti ini tidak hanya mengurangi total jumlah lokasi fingerings yang harus kita hafal, tetapi juga memberikan kita kontrol yang lebih mudah saat menerapkannya dalam konteks pembentukan licks. Contohnya, kalau kita ingin nuansa Phrygian pada sebuah akord minor, kita bisa sering – sering menekankan not b2 dan b6 dalam pentatonik kita. Sebaliknya, kalau kita ingin terdengar lebih umum, kita bisa mengurangi kadar kemunculan not – not ke 2 dan ke 6 nya, sehingga kita lebih cenderung terdengar seperti bermain pentatonik biasa.

Secara umum, kita bisa menggambarkan mood Ionian terdengar bernuansa cerah dan bahagia, dan Aeolian terdengar bernuansa sedih, lalu 3 modes diatas bisa didefinisikan dengan sedih dengan rasa yang masing – masing berbeda. Kita juga bisa memilih untuk melihat modes dari kadar gelap – terang nuansa bunyinya. Modes dengan banyak simbol b [flat/mol] pada formula penyusun intervalnya akan bernuansa lebih gelap, sehingga kita bisa menyusun modes dengan urutan sebagai berikut, dimulai dari nuansa yang paling terang :

         Lydian [1 sharp/kres]

         Ionian [tanpa sharp ataupun flat]

         Mixolydian [1 flat]

         Dorian [2 flats]

         Aeolian [3 flats]

         Phrygian [4 flats]

         Locrian [5 flats]

Bersambung..

Previous | Next

2 thoughts on “Modes bagian 3

    Maruf Foxer said:
    Juni 2, 2013 pukul 3:33 pm

    kak. itu cara bacanya gimana? . trus arti warna2 nya itu apa? maaf merepotkan, baru belajar(otodidak),

      ditomusicman said:
      Juni 18, 2013 pukul 8:12 pm

      Santai saja, don wori bi hepi, semua orang termasuk para professor di Berklee juga pernah ngalamin bingung yang relatif sama.

      Modes itu seharusnya dilatih dan dimainkan per akord [ganti akord ganti mode]. 3 Bagan fingerings diatas adalah daftar lokasi not yang bisa kita mainkan saat sebuah akord minor dibunyikan.

      Ada 3 akord minor dalam sebuah tangga nada. Doi nongol sebagai akord kedua, ketiga, dan ke enam. Silakan cek :

      https://ditomusicman.wordpress.com/2011/07/23/hubungan-akord-dan-skala-bagian-8/

      Nah ketika akord nya merupakan akord ke 2 dari tangga nada [kalo tangga nada G, berarti akord ke 2 nya Am], kita pake mode Dorian.

      Nah bagan Dorian diatas bisa dipake saat not yang biru [berfungsi sebagai akar] itu berada pada not A [kan akordnya ceritanya lagi Am]. Not yang merah itu merupakan not tangga nada nya [G]. Nah berarti kita sudah bisa main dengan menempatkan not biru itu di fret ke 5 [A]. Lokasi not2 lainnya menyesuaikan.

      Bagan yang lainnya juga sama, untuk akord ke 3 kita make Phrygian dengan root warna ijo. Kalo tangga nada G, berarti akord ke 3 nya Bm, lokasi rootnya di fret ke 7.

      Untuk akord ke 6, kita make Aeolian, dengan root warna coklat. Dalam tangga nada G, berarti akord ke 6 nya Em, lokasi rootnya di fret ke 12.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s