Modes bagian 5

Posted on Updated on

Joe Satriani + Flying In A Blue Dream = Lydian Improvisation

Berikutnya adalah modes mayor, kita bisa memperlakukannya seperti modes minor pada tulisan sebelumnya [Modes bagian 3], yaitu dari perspektif pentatonik, tetapi kali ini dari pentatonik mayor. Dengan perspektif ini, kita bisa langsung mengetahui lokasi not ke 1 [root], 2, 3, 5 dan 6, jadi not – not yang spesial [cek alasannya di Modes bagian 4] ada pada not ke 4 dan ke 7.

Sebagian besar dari teman – teman cenderung setuju kalau karakter suara Lydian terdengar seperti mengambang di ruang angkasa, dan sering terdengar di solo – solo Steve Vai. Lagu – lagu beliau memang kebanyakan berisi improvisasi panjang menggunakan mode Lydian di berbagai tempat. Dan ini bukanlah hal aneh kalau kita tahu bahwa guru beliau, Joe Satriani, juga salah seorang penyuka improvisasi menggunakan mode Lydian, yang jelas sekali terdengar pada lagu ‘Flying In A Blue Dream’ [judul ini memperkuat definisi karakter bunyi Lydian yang memang suasananya seperti mimpi dan mengambang]. Atau kalau memerlukan referensi lain, silakan cek bagian verse pada ‘Every Little She Does Is Magic’ nya The Police.

Saat membahas Ionian, kita sepertinya tidak perlu mencari definisi detilnya kalau hanya sekedar untuk berkenalan dan mendengar bunyi dari mode ini, karena sebagian besar dari teman – teman kita telah mendengarnya minimal sekali dalam tiap tahun di lagu ‘Happy Birthday’ dan beberapa lagu selamat lainnya. Suasana mode nya ceria, hampir kekanak-kanakan, tetapi tidak punya karakter mimpi mengambang seperti mode Lydian.

Mixolydian bisa kita dengarkan pada lagu ‘Oh Pretty Woman’, dan merupakan satu – satunya mode dari skala mayor yang bisa dimainkan pada akord dominant [kita bisa uji coba memainkan skala mixolydian pada situasi blues tradisional 12 bar].

Dan seperti mode Aeolian yang merupakan sebuah mode minor yang netral, Ionian merupakan mode mayor yang paling umum dikenal dan sering digunakan.

Bersambung..

Previous | Next

8 thoughts on “Modes bagian 5

    ibnu said:
    Juni 19, 2013 pukul 7:44 pm

    bagaimana cara mengacak acak skala saat berimprovisasi?trus misalkan kita berimprovisasi dengan chord pengiring C Mayor apakah not pertama yg harus kita mainkan harus C juga???
    mohon penjelasannya

      ditomusicman said:
      Juni 26, 2013 pukul 6:09 pm

      Cara mengacaknya bebas, not pertama dalam tiap akord tidak harus root, bisa diluar root dan didalam akord, bahkan ornamen juga ok asal tidak keluar dari kerangka harmony.

      Patokan dasar improvisasi yang menjadi bahasan di tiap kampus2 musik adalah subject harmony dan rhythm. Kita bisa memilih tangga nada tertentu, lalu memainkannya sesuai progresi dan feel ritmis. Simpelnya, yaitu bagaimana bermain not yang tepat disaat yang tepat?

      Deretan not yang tepat bisa kita dapatkan dari teori harmony [feeling kurang bisa diandalkan setiap saat terutama ketika bermain jazz bebop, contoh : http://youtu.be/5pzDqDIrlio ]

      Timing yang tepat untuk membunyikan not2 yang kita ketahui juga sangat menentukan kualitas improviser. Not yang tepat kalau membunyikannya sembarang tidak bakalan kedengeran asik. Solusi hal ini adalah rhythmic study dengan metronom, untuk melatih insting ritmis kita.

      Berikutnya mungkin lebih ke teknikal cara mengeksekusi not – not nya, dan berlatih ear training untuk menajamkan insting, tapi yang lebih utama ya tadi, harmony dan rhythm.

    dian said:
    Juni 28, 2013 pukul 4:28 pm

    makasih….

    ibnu said:
    September 19, 2013 pukul 4:21 pm

    aswrb, mas dito kalau boleh minta contoh pola2 fingering yg buat latihan improvisasi dong, itu lo yg kata mas dito kolaborasi chord tones dan color tones, kola bisa contohnya dipisah2 misal chor tones dengan color tones ( yg inside aja ), chord tones dengan yg out side aja, chord tones dengan kolaborasi out side dan inside, kalo bisa not nya juga pake yg 1/8 & 1/16 dan kalo bisa pola nya yg unik mas, he..he..udah minta banyak maunya lagi, oh iya pake tablatur mas ya… wassalam

      ditomusicman said:
      September 24, 2013 pukul 7:27 pm

      Wa alaikum salam, Mr. Ibnu.

      Ini kayanya pekerjaan besar kalo musti dikerjain sendiri dah, yang sebenarnya mungkin telah tersedia dari sumber2 luar.

      Nanti kalo pas kebetulan ane ketemu info yang ok ta posting disini.

      BTW, coba ulik solo dari artis idola kita, di lagu2 yang gampang dulu, lalu amati hubungan not dan akord nya.

    ibnu said:
    September 23, 2013 pukul 10:36 am

    aswrb, jadi jika kita main mayor scale dengan nada dasar C= Do , untuk menonjolkan karakter lydian penekananya ke not B ya mas, trus untuk mixolodyan not F, Prygian not F, Dorian not B, aeolian chord tones, locrian not F, trus major/ionian chord tones. bener nggak sih? mohon bantuan, wassalam.

      ditomusicman said:
      September 24, 2013 pukul 7:52 pm

      Wa alaikum salam, Mr. Ibnu.

      Penonjolan atau penekanan not saat improvisasi menggunakan modes adalah terletak pada not yang membuatnya unik.

      Pada diatonik modes, dari perspektif major scale :

      > Lydian : #4th
      > Ionian : perfect 4th dan maj7th
      > Mixolydian : b7th

      Dari minor scale :

      > Dorian : maj6th
      > Aeolian : maj2nd dan b6th
      > Phrygian : b2nd
      > Locrian : b2nd dan b5th

      Salah satu cara yang bisa diandalin untuk memaksa improviser maen diatonik modes :

      > Lydian : gunakan akord major dengan #11th
      > Ionian : gunakan akord major apapun tanpa accidentals
      > Mixolydian : gunakan akord major dengan b7th
      > Dorian : gunakan akord minor dengan maj13th
      > Aeolian : gunakan akord minor apapun tanpa accidental (kecuali b13th)
      > Phrygian : gunakan akord minor dengan b9th
      > Locrian : gunakan akord minor dengan b5th dan b9th

      Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s