Modes Bagian 6

Posted on Updated on

Apakah Locrians, penduduk daerah Locris, sebuah wilayah di Yunani Kuno, berhubungan dengan mode Locrian?

Lalu tinggal sebuah mode lagi dalam skala diatonis yang belum dibahas disini, yaitu mode Locrian. Nama – nama modes yang kita pakai hingga sekarang adalah berasal dari nama kerajaan dan suku – suku dari daerah mediteranian saat peradaban Yunani Kuno [wajar kalo terdengar cukup aneh buat teman  – teman yang baru berkenalan], tetapi kita tidak akan menyelidiki dan membahas sejarahnya lebih jauh karena kurang berguna secara langsung dalam kehidupan musical sehari – hari [sebagian musisi yang saya temui, lebih senang membahas goyang ngebor vs. goyang gergaji vs. goyang itik, daripada sejarah modes].

Kembali ke mode Locrian, mode ini cuma bisa digunakan pada akord minor 7 b5 [m7b5], yang berbunyi sangat tegang dan muncul dalam akord progresi hanya sebagai perlintasan saja, bukan sebagai akord utama dalam harmony. Cara singkat untuk memainkan mode Locrian adalah dengan memainkan skala mayor [mode Ionian] 1 fret diatasnya, dan menggunakan not ke 7 sebagai root.

Walaupun bunyinya sama sekali tidak enak didengarkan, tetapi bukan berarti kita tidak akan pernah menggunakannya. Akord m7b5 seringkali muncul pada progresi ii – V – I minor [atau lebih tepatnya iim7b5 – V7alt – Im7]. Tetapi untuk alasan agar mudah dipahami, kita bisa gunakan progresi yang lebih simpel, misalnya iim7b5 – Vm7 – Im7, pada kunci A minor bisa ditulis dengan Bm7b5 – Em7 – Am7. Kita bisa menggunakan mode A aeolian di sepanjang progresi ini, tetapi secara teknis, tiap not dalam skala berfungsi sebagai B Locrian, E Phrygian dan A aeolian sesuai perubahan akord dalam progresi. Silakan coba bagaimana mode Locrian terdengar harmonis dengan akord m7b5, walaupun kita sama sekali tidak disarankan untuk memainkannya terlalu lama dalam sebuah lagu kecuali kalau kita memang ingin dilempar botol [atau telor].

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s