Modes bagian 7 [Memilih Mode Yang Tepat]

Posted on Updated on

Frank Zappa

Setelah memperkenalkan semua modes [dan sedikit fakta menyedihkan bahwa sebagian teman – teman kita lebih suka membahas goyang itik daripada sejarah modes], pertanyaan yang kemudian sering muncul adalah ‘Bagaimana cara memilih mode yang paling tepat?’ Jawabannya bisa disimpulkan setelah contoh 2 skenario berikut ini :

  • Pada situasi solo dengan hanya sebuah akord panjang, misalnya A minor, kita bisa mencoba semua mode minor tanpa khawatir ada not yang berbunyi bertentangan dengan akord yang sedang dimainkan [cuma 1 akord, don wori bi hepi], kita bisa mencoba mode Dorian untuk memberi kesan jazzy, mode Phrygian untuk kesan gelap, murung dan etnik, atau sekedar mode Aeolian kalo kita nggak terlalu yakin dengan 2 mode sebelumnya. Di beberapa buku teori menyebutkan bahwa mencampurkan permainan banyak modes untuk sebuah akord itu sah – sah saja, dan secara teknis memang benar begitu [silakan cek lagunya Frank Zappa ‘Shut Up And Play Yer Guitar‘ sebagai contoh]. Walaupun demikian, sebaiknya kita tetap bertahan dengan menggunakan hanya sebuah mode utama saja [apalagi bagi teman – teman yang baru mempelajari karakter bunyi tiap modes], karena mencampurkan modes dalam sebuah akord beresiko membuat kita terdengar seperti sama sekali tidak memahami harmony [berbeda bagi para pemain yang sudah mahir, bisa lihai mencampurkan modes dengan hasil yang keren, seperti campuran modes yang paling terkenal di dunia blues ~ rock : Dorian-Mixolydian pada sebuah akord minor atau dominant].
  • Kalau kita jamming dengan progresi akord Am7 – Bm7, kita diharuskan memakai mode Dorian [root di A]. Kesimpulan ini bisa kita ambil setelah menggabungkan 2 akord tersebut, lalu membandingkan isi not – not nya terhadap akord A minor. Am7 dengan formula akord 1 – b3 – 5 – b7 akan memberikan not – not A – C – E – G, lalu Bm7 dengan formula akord yang sama kita mendapatkan B – D – F# – A. Not – not ini merupakan not ke 2 – 4 – 6 – 1 dari A, sehingga kita bisa mendapatkan 1 – b3 – 5 – b7 ditambah dengan 2 – 4 – 6 – 1, sama dengan 1 – 2 – b3 – 4 – 5 – 6 – b7 [mode Dorian].
  • Kalau kita jamming dengan progresi akord Am7 – Bm7b5 [B – D – F – G], kita mendapatkan not F [bukan F# seperti pada akord Bm7], yang merupakan b6 dari A sehingga kita harus memakai mode Aeolian [root di A].
  • Kalau kita jamming dengan progresi akord Am7 – BbMaj7, kita harus menggunakan mode Phrygian [root di A] karena terdapat not b2 [Phrygian merupakan satu – satunya mode diatonik minor yang mempunyai interval b2]. Bb adalah b2 dari A.

Previous| Next

2 thoughts on “Modes bagian 7 [Memilih Mode Yang Tepat]

    ibnu aljauziyah said:
    September 20, 2013 pukul 10:38 am

    aswrb, bagaimana cara mencampurkan ketiga mode minor tersebut, apakah dimainkan secara bergantian misal 2 bar pertama main aeolian, 2 bar kedua main dorian dst, atau not2 dari ke3 mode tersebut digabungkan lalu dimainkan atau bagaiman? mohon pencerahan wassalam

      ditomusicman said:
      September 24, 2013 pukul 8:47 pm

      Wa alaikum salam, Mr. Ibnu.

      Pada contoh skenario pertama tulisan diatas, kita bisa mencoba semua modes minor (selain locrian) pada akord minor triad yang dimainkan dengan durasi lama. Mengenai urutannya bebas. Lalu kalo mau menggabungkan not dari ketiga modes, itu bakal menjelajah memasuki wilayah subject tension – release kemaren, walopun dengan pendekatan lebih liberal karena akord triad yang dimainkan static dengan durasi lebih lama.

      Kita bisa menentukan sendiri lokasi strong dan weak beats nya (untuk penempatan chord tones). Umumnya beat pertama tiap bar dianggap strong beat pada kondisi progresi yang bergerak normal, tetapi kalau akord tidak berubah setelah 2 bar, kita bisa menentukan beat pertama di bar ke berapa yang berfungsi sebagai strong beat (diisi chord tones).

      Contoh pencampuran modes, silakan cek sample ini :

      Eksplorasi modesnya berlangsung sesaat dari 3:20 sampai 3:36

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s