Modes bagian 9 [Tonal Center]

Posted on Updated on

Dimana lokasi tonal center nya? Apa mode yang paling tepat?

Kelebihan selanjutnya dari pendekatan parallel adalah kita bisa menentukan mode yang kita mainkan dengan melihat progresi akord sebagai bagian [fragment] dari harmoni skala mayor [harmonized major scale]. Pada beberapa tulisan sebelumnya telah sedikit memperkenalkan topik ini [silakan cek Hubungan Akord dan Skala bagian 8 dan Seventh Chords bagian 1]. Bagi teman – teman yang telah memahami harmoni dasar dan Nashville numbers [silakan cek Hubungan Akord dan Skala bagian 9], mungkin tidak akan asing dengan skala harmoni berikut ini :

Imaj – iimin – iiimin – IVmaj – Vmaj – vimin – viidim – Imaj

dan

Imaj7 – iim7 – iiim7 – IVmaj7 – V7 – vim7 – viim7b5 – Imaj7

Skala harmoni itu dibentuk dengan interval skala mayor [T – T – S – T – T – T – S]. Jadi ketika kita sedang bermain disebuah progresi yang terdengar seperti berasal dari sebuah skala yang sama, kunci utama dari progresi [tonal center] tersebut bisa secara instant diketahui secara mudah jika terdapat sebuah akord dominant didalam progresi nya. Ketika sebuah akord dominant muncul dalam progresi, lokasi major tonal center [kunci utama dan skala induk mayor] nya adalah berada 7 fret dibelakang root dari akord dominant tersebut [tetapi prinsip ini cenderung tidak selalu berlaku pada kasus akord dominant yang berfungsi sebagai substitusi dan akord altered dominant, sebuah kasus umum bagi para jazzer. Tentang hal ini mungkin akan sedikit dibahas pada tulisan mendatang]. Cara ini juga bisa digunakan dengan menggunakan akord lain yang juga hanya muncul sekali dalam skala harmoni mayor : akord m7b5. Ketika sebuah akord m7b5 muncul dalam progresi, skala induk mayornya berada 1 fret diatas root dari akord m7b5 tersebut. Pada tonal center minor, kita bisa gunakan prinsip relative minor [silakan cek Relative Minor bagian 1], yaitu menggunakan mode ke 6 dari tonal center mayor, yang berarti 3 fret kebelakang atau 9 fret kedepan [dalam kaitannya dengan contoh sebelumnya, berarti berjarak 2 fret didepan akord dominant, dan 2 fret dibelakang akord m7b5].

Lalu bagaimana jika kedua akord tersebut tidak terdapat dalam progresi? Jangan khawatir, kita masih bisa menggunakan prinsip lain dalam menentukan lokasi tonal center dari progresi, yaitu dengan melihat akord yang bersebelahan yang berjarak 1 tone, atau 2 fret. Ketika akord dominant dan m7b5 tidak hadir dalam akord progresi, kemungkinan besar [terutama di lagu – lagu pop] terdapat 2 buah akord yang sama [mayor dan mayor, atau minor dan minor] yang berjarak 1 tone, kita bisa langsung mengetahui jarak lokasi akord yang bersebelahan tersebut dengan tonal center nya [maj – maj = akord ke 4 dan 5 dari skala harmoni mayor triad, lalu  m7 – m7 = akord ke 2 dan 3 dari skala harmoni mayor 7th].

Quiz :

Sekedar untuk memastikan pemahaman teman – teman tentang modes, ini ada sedikit quiz, silakan tentukan mode – mode yang paling tepat untuk akord progresi berikut ini :

  • G – C – D – G
  • Gm7 – C7
  • Gm – Bb – Ab – Gm
  • G – A
  • G – F
  • Gm – Cm – Dm – Gm
  • Gm7b5 – Abmaj7

Jawabannya memang cukup mudah, dan mungkin sudah bisa ditebak oleh teman – teman yang telah memahami harmoni, terutama dalam topik modes. Modes yang harus kita mainkan dalam progresi – progresi tersebut dari atas kebawah adalah Ionian, Dorian, Phrygian , Lydian, Mixolydian, Aeolian dan Locrian, semuanya dengan root G. Mungkin beberapa orang akan menganggap pendekatan ini cenderung matematis dan kurang musical, tetapi cara ini bisa membantu sampai kita benar – benar bisa secara insting memainkan mode yang dibutuhkan dalam progresi dengan hanya mengandalkan telinga. Sebagai bonus, akord – akord quiz diatas juga bisa digunakan untuk melatih karakter tiap mode bagi teman – teman yang belum benar – benar memahami karakter modes dari skala diatonik mayor.

Previous | Next

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s