Akord Yang Lebih Berkarakter bagian 1

Posted on Updated on

harmony
Extended chords bisa berfungsi sebagai akord – akord pendukung untuk bermain modes.

Jadi apa sebenarnya akord Gbmaj13#11 itu? Atau akord Eb7#5b9? Bagaimana bunyinya? Bagaimana fingerings nya? Dan yang lebih penting, apa gunanya? Bagi teman – teman yang telah memahami lebih jauh tentang modes, ini adalah akord – akord yang akan lebih membantu menekankan bunyi dari tiap modes, karena tiap akord yang lebih berkarakter ini akan cenderung hanya benar – benar tepat  harmonis dengan mode [atau skala] tertentu saja. Hal ini membuat akord – akord ini cenderung sedikit lebih susah untuk dijinakkan oleh para improviser pemula, tetapi menjadi pilihan yang menyenangkan bagi para improviser senior yang telah mempunyai banyak vocabulary harmony dan licks.

Pada dasarnya akord – akord dengan banyak angka adalah versi lebih mewahnya akord ke tujuh [7th chords], yang berarti jauh lebih mewah dari akord – akord dasar [triads]. Mereka masing – masing bisa saling dipertukarkan tergantung karakter yang ingin kita tonjolkan saat bermain akord [atau beberapa orang secara spontan bilang tergantung genre, makin jazzy makin banyak angka – angkanya. Hal ini tidak selalu tepat, banyak musik selain jazz menggunakan akord – akord yang berkarakter ini]. Masa iya namanya ‘akord yang lebih berkarakter’? Bukan, namanya adalah extended chords.

Akord – akord yang sebelumnya di bahas di blog ini adalah akord yang dibentuk dengan memberi angka pada skala mayor [1 sampai 7 untuk do sampai si], lalu menumpuk tiap not ganjil [tertiary atau tertian harmony]. 1 – 3 – 5 untuk triads dan 1 – 3 – 5 – 7 untuk 7th chords. Untuk membentuk extension chords, kita perlu not dengan angka ganjil lebih banyak [sampai 9 sampai 13 maksimal]. Caranya adalah menambah hitungan dari do sampai si 2 x [atau 2 oktaf].

Previous | Next

2 thoughts on “Akord Yang Lebih Berkarakter bagian 1

    janu said:
    Juni 10, 2013 pukul 10:48 pm

    Wah menarik nih, dari dulu pusing dengan akord2 aneh itu, hehhehe….

      ditomusicman said:
      Juni 18, 2013 pukul 8:12 pm

      Siiip, semoga sekarang udah makin paham..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s