Jenis Improvisasi

Posted on

Improvisation-Guitar-Lessons-London
Improvisasi Chordal dan Linear itu sama saja, mereka saling terkait

Q : mas dito sebenernya improvisasi itu ada macam2nya nggak sih, misal improvisasi secara chordal atau improvisasi secara skalar atau apalah?

A : Kalo dari perspektif ane pribadi sih, improvisasi lebih ok kalo nggak dibedakan antara chordal n linear (or skalar, scale based), karena sebenarnya mereka konsepnya sama persis, cuma beda fungsi aja. Chordal lebih cenderung tuk comping, linear untuk melodi soloing.

Dengan tidak membedakan mereka, akan membuat kita lebih paham kaitan antara akord dan skala, dan memungkinkan kita tuk maen comping gaya campuran seperti misalnya gaya iringan Jimi Hendrix, dan memungkinkan kita tuk bermain solo tanpa iringan seperti para virtuoso.

Contoh untuk perbandingan antara impro comping n soloing, silakan cek sample experimental menggunakan quartal harmony :

Contoh untuk gaya campuran, silakan cek Hendrix Style :

Contoh untuk bermain solo, silakan cek OST Full House :

2 thoughts on “Jenis Improvisasi

    subekti said:
    April 22, 2014 pukul 7:57 pm

    Keren bro, tp bnyk term yg ga ngartos kang

      ditomusicman said:
      Mei 14, 2014 pukul 12:29 pm

      Thank you. Perihal terms, monggo coba tanya para guru terdekat, semoga mereka bisa bantu jelasin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s