Workshop I

Posted on Updated on

 

 

Sutoko workshop I
Ugie workshop I

Ringkasan materi berdasarkan kasus yang diajukan saat Workshop I :

  • Semua orang bisa bermain gitar, terlepas memulai dari umur berapapun. Untuk sampai mahir, umumnya berlaku prinsip 10.000 jam dengan fokus dan passion. Walaupun begitu ada banyak info shortcut untuk lebih memahami fretboard.
  • Anggapan bahwa percuma mulai belajar gitar setelah umur 20 itu kurang tepat. 20 taun keatas (mungkin sampe ~60) umumnya punya banyak distraction untuk fokus, sehingga progress nya tidak sebaik kalau mulai dari remaja.
  • Gunakan volume knob pada gitar untuk mengatur gain pada ampli. Gain kecil membuat definisi not saat comping n chordal playing terdengar lebih detil. Pada saat soloing, gain kecil memberikan ruang dinamika lebih lebar.
  • Voice Leading, extension, inversi, shell dan CAGED system semuanya terhubung langsung dengan konsep soloing dan improvisasi, baik itu chordal maupun linear.
  • Setelah beberapa tahun tidak bermain gitar, semua orang tetap bisa bluffing saat blues jamming. Double stops, repetisi dan bending 1/4 mungkin bisa membantu ujung jari tuk kembali berkenalan dengan tekanan senar.
  • Jamming itu bukan tentang nunggu giliran solo. Rhythm dan kemampuan comping itu sangat dibutuhkan untuk bermain spontan bersama orang lain. Metronom bisa digunakan untuk berlatih menebak lokasi ketukan berikutnya.
  • Yang paling penting, panjang jenggot tidak berpengaruh dengan musicalitas seseorang.

Untuk info lengkap tentang Workshop II silakan kunjungi https://www.facebook.com/dojogitar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s