Akord John Petrucci

Posted on

akustik petrucci
John Petrucci

Q : bang dito ,chord yg dipakai petrucci apa aja yg bang, satu lagi bang cara improvisasi bass gimana bang,makasih

A : Halo Alif.

Waduh, ini kayanya jenis pertanyaan yang paling susah dijawab. Daftar total akord yang dipake John Petrucci, mungkin bisa dibikin buku segede majalah Gitar Plus, bahkan mungkin lebih. Yang paling khas dan kedengeran keren, beliau seringkali explore menggunakan close voicing untuk mendapatkan bunyi tabrakan dari interval yang rapat. Beliau juga cukup sering menggunakan pedal tones dalam progresinya, sehingga akord2 yang dicomot dari skala yang berbeda pun bisa tetep kedengeran mengalir dan kedengeran logis. Akord2 ini jelas kedengeran di lagu2 Dream Theater seperti ‘Another Day’, ‘Silent Man’, ‘Hollow Years’, ‘A Change of Season’, dll. Secara umum, John Petrucci (terutama dulu) sering menggunakan akord2 model begini :

Sample diatas dibikin beberapa saat setelah mendengar kabar meninggalnya Bayyin Nur (Audio Pro).

BTW, Nama akordnya bisa apapun tergantung konteks. Kalo pengen serius mendalami akord2 itu, dan kebetulan posisi di Bandung, silakan mampir ke Dojo Gitar, ada acara workshop reguler tuk ngebahas berbagai macam hal.

Perihal improvisasi bass, kayanya prinsip utamanya cenderung sama aja dengan improvisasi di instument lainya, kita tetep musti outline harmony dari point A ke point B menggunakan berbagai macam cara. Untuk lebih jelasnya, coba kontak Kang Aip SR, seorang guru bass dengan tone yang mengerikan :

https://www.facebook.com/aipsr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s