Ngulik Joe Pass

Posted on Updated on

Joe Pass Cartoon
Joe Pass

Q : bng dito aku mau nnya ni , gmna cara ngulick lgu2 ny joe pass ? soalnya sering ad perubahan nada dasar gitu . trims

A : Ngulik lagu2 Joe Pass memang nggak gampang, dan tentu saja ‘nada dasar’ hampir sama sekali nggak bisa jadi patokan. Di classical dan jazz seringkali terdapat temporary tonality switch (tonicization), dan juga permanent tonality switch (modulasi, bukan ‘overture’). Hal ini mungkin biar tiap not nggak pada saling iri karena nggak dimaenin. Untuk nguliknya, kita bisa lebih berpatokan pada akord daripada scale (walopun faktanya akord dibuat dari scale). Untuk nguliknya, kayanya step2 ini bisa dicoba, cukup bisa diandalin untuk akord2 dan konsepnya juga bisa diterapkan tuk lines :

  1. Menentukan ketukan utama-nya. Cara ini cukup gampil pas beliau maen steady, tapi rada sedikit susah kalo pas maen rubato. Solusinya musti pake feeling. Don wori, umumnya kita bisa cepet tau karena lagunya cenderung logis ngikutin aturan alami musik western.
  2. Fokus pada akord yang dibunyikan saat ketukan utama-nya. Tanpa tau ketukan utamanya, kita akan mendengar cukup banyak akord. Pada dasarnya, mereka hanya berfungsi ornamen dan orkestrasi aja. Setelah nyampe sini, kita bisa nyengir2 ketika denger lagu jazz dengan progresi akord seribet apapun, karena ketauan akord2 utama nya.
  3. Pada akord tersebut, fokus pada not yang paling gampang didengar, yaitu not tertinggi dan terendah nya (or bass nya, yang menentukan root dan nama akord). Dengan cara ini kita bisa lebih akurat menentukan voicing yang beliau gunakan.
  4. Diantara not tertinggi dan terendah, tambahkan 1 not untuk menentukan karakter bunyi nya. Not nya bisa jadi apapun. Kita bisa mulai mencoba dengan b3rd atau 3rd atau 4th dari root.
  5. Tambahkan not lain lagi untuk hasil yang terdengar lebih full.

Selamat mencoba. Untuk soloingnya, silakan gunakan berbagai macam pendekatan yang lebih berpatokan pada chord tones. Beberapa informasi tentang theory (terutama functional harmony dan voice leading) serta ear training akan sangat membantu proses ngulik dan juga membantu memahami musik (western) secara lebin menyeluruh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s